Cara Mudah Flash Xiaomi Mi4i - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mudah Flash Xiaomi Mi4i

Advertisement
Cara Mudah Flash Xiaomi Mi4i - Kecanggihan HP android memang mampu membuat para penggunanya terpana. Namun, hl ini rupanya tak bisa dihindarkan dari berbagai macam masalah yang kerap dihadapi oleh para pengguna android. HP lemot atau nge-hang mungkin menjadi salah satu masalah yang biasa dialami oleh para pengguna smartphone.

Namun masalah tersebut sebenarnya masih bisa diatasi dengan hanya melakukan reset pabrik atau factory reset. HP yang sering nge-hang atau lemot sebenarnya merupakan masalah yang biasa dan bukan menjadi masalah yang serius.





Namun, bagaimana bila smartphone Anda mengalami beberapa masalah serius seperti kerusakan pada sistem android karena virus, mengalami bootloop, atau yang lain sebagainya? tentunya, jika hp android milik Anda mengalami hal tersebut, maka tidak bisa melakukan factory reset/reset pabrik.


Salah satu jalan yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan flash. Namun, cara yang satu ini hanya disarankan apabila kerusakan pada HP Anda sudah benar-benar parah. Setiap merk smartphone memiliki cara sendiri untuk mem-flash kerusakan yang ada di hp android.

Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara flash Xiaomi Mi4i dengan cara yang mudah dan cepat. Namun, Anda harus memperhatikan setiap langkahnya agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan flash pada android Xiaomi.

Pada android Xiaomi itu sendiri, flashing pada HP yang rusak disebut dengan fastboot. Fasboot ini adalah sebuah akses yang bisa masuk ke dalam akar sistem dimana fungsinya digunakan untuk memodifikasi sebuah sistem.

Setelah Anda mengetahui apa itu flashing atau fastboot pada android Xiaomi, berikut ini akan diberikan cara flash Xiaomi Mi4i yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah dan cepat. Sebelum memulai melakukan fastboot, terlebih dahulu siapkan beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk melakukan fastboot.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Firmware Xiaomi (full ROM)
  • Mi Flash Tool
  • Kabel data
  • Laptop

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk fastboot android Xiaomi Mi4i

  1. Langkah pertama, inslat Mi Flash Tool terlebih dahulu kemudian klik Next Install. Setelah itu pilih “Install this driver software anyway” setelah itu tunggu hingga proses selesai.
  2. Langkah kedua buka firmaware, lalu klik dua kali untuk memunculkan filenya.
  3. File tersebut belum terkompres, klik dua kali dan tunggu hingga file tersebut berebentu folder. Setelah itu, buatlah sebuah folder baru di D atau E terserah Anda. Jika suda, beri nama dengan nama sembarang sesuai dengan keinginan Anda. Yang harus Anda ingat, jangan beri spasi pada nama folder, karena hal tersebut bisa menyebabkan proses flashing akan menjadi eror. Kemudian, seret atau ekstrak folder firmware ke dalam folder baru yang sudah Anda buat.
  4. Setelah proses itu selesai, buka Mi Flash Tool, klik select dan cari file firmware fastboot yang ada di folder tadi. 
  5. Matikan ponsel, kemudian tekan dan tahan tombol power + volume bawah untuk masuk ke dalam mode fastboot. Colokan ponsel ke komputer atau laptop.
  6. Kemudia kembali ke Mi Flash Tool dan klik refresh untuk memastikan apakah ponsel sudah terhubung atau belum.
  7. Setelah itu, pilih clean all pada panah satu dan flash_all.bat pada panah kedua
  8. Selanjutnya klik flash untuk memulai proses flashing.
  9. Jika proses sudah selesai maka ditandai dengan progress tanda hijau menjadi full dan bagian result tertulis success. 
  10. Apabila proses sudah selesai, maka ponsel akan reboot dengan sendirinya.
Bagaimana? Cukup mudah bukan cara flash Xiaomi Mi4i diatas? Semoga kamu berhasil melakukan cara ini dengan baik dan benar. Dan semoga smartphone kamu kembali bisa digunakan kembali seperti semula.


Tag : Service HP
Back To Top