Cara Mudah Flash Samsung Galaxy J3 SM-J3109 - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mudah Flash Samsung Galaxy J3 SM-J3109

Advertisement
Sebagian besar pengguna smartphone, sering kali hanya menggunakannya tanpa tahu bagaimana perawatannya. Sehingga hal ini akrab kali menyebabkan beberapa masalah seperti terlalu banyak virus, sering ngehang (berhenti secara tiba-tiba saat sedang digunakan) dan masih banyak lainnya.

Jika sudah demikian, flashing menjadi salah satu jalan yang bisa anda tempuh untuk mengembalikan sistem dan operasional smartphone anda.

Nah bagi anda pengguna Samsung Galaxy J3 SM-J3109 yang ingin belajar bagaimana cara flash smartphone ini dengan mudah, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama siapkan bahan atau alat yang dibutuhkan, yaitu firmware Samsung Galaxy J3 SM-J3109, USB Drive Samsung Galaxy J3 SM-J3109, aplikasi flash tool Samsung Odin3 v3.10.7, komputer atau laptop dan kabel data maupun USB (sebaiknya USB).
  2. Setelah itu, download file-file tersebut kemudian ekstrak.
  3. Jika sudah, instal Drive Samsung Galaxy J3 SM-J3109 pada komputer atau laptop anda.
  4. Selanjutnya siapkan HH Samsung yang akan anda flash dalam Download mode.
  5. Tekan dan tahan Tombol Volume Down + Power hingga muncul Warning. Jika sudah muncul tanda warning kemudian masuk ke Download mode dan tekan Tombol Volume Up sekali saja.
  6. Berikutnya sambungkan Samsung Galaxy J3 SM-J3109 anda ke komputer atau laptop tersebut menggunakan kabel data ataupun USB yang telah disiapkan tadi. Pastikan kabel data maupun USB yang digunakan masih bagus sehinga konektifitas dapat terjaga dengan baik.
  7. Langkah berikutnya adalah dengan membuka dan menjalankan Aplikasi Flash Tool Odin v3.10.7 yang sudah anda download dan pindahkan dalam folder ekstrak tadi.
  8. Sebelum memulai langkah selanjutnya, pastikan jika Driver sudah benar-benar terinstal sehingga Samsung Galaxy J3 SM-J3109 terdeteksi oleh Odin Port ID:COM.
  9. Setelah terbuka, selanjutnya masukkan file Firmware Samsung Galaxy J3 SM-J3109 yang sudah terdownload dan di ekstrak tadi. Caranya yaitu dengan klik pada tab AP di Odin3.
  10. Selanjutnya klik START untuk mulai proses Flas Firmware Samsung Galaxy J3 SM-J3109. Pada proses ini anda tak perlu melakukan langkah lain, hanya tunggu hingga proses flash selesai dengan sendirinya.
  11. Nah ketika proses flash sudah selesai, akan ditandai dengan munculnya tanda PASS berwarna hijau yang berada di bagian atas Odin3.
  12. Setelah proses flash selesau, kemudian cabut HH dari komputer atau laptop yang anda gunakan tadi. Baru setelah itu nyalakan kembali.
Pada proses penyalaan pertama setelah di flash biasanyanya akan membutuhkan waktu booting yang cukup lama, jadi anda harus sedikit bersabar.

Bagaimana, mudah bukan cara flash Samsung Galaxy J3 SM-J3109. Tak harus pergi ke konter atau service store jika hanya ingin flashing smartphone keluaran Samsung ini, sebab dengan alat dan cara yang mudah pun anda bisa mengatasi beberapa masalah seperti :
  • Smartphone tidak bisa masuk ke menu utama atau hanya berhenti pada logo Samsung.
  • Lupa kode pengaman, baik password maupun pola.
  • Perangkat yang operasinya melambat, biasanya hal ini dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan atau karena terlalu banyak virus pada smartphone anda.
  • Dapat mengatasi Samsung Galaxy J3 SM-J3109 Restart yang biasanya terjadi kerusakan pada sistem software. Hal ini sering kali terjadi apabila anda gagal update sistem perangkat.
  • Aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba ketika sedang dioperasikan.
Baca juga : Kumpulan Firmware Samsung Terbaru dan Terlengkap
Ya, beberapa masalah tersebut dapat anda atasi dengan proses flashing ini. Namun alangkah baiknya jika penggunaan smartphone lebih dijaga sehingga tak perlu dilakukan proses flashing.
Tag : Service HP
Back To Top