7 Perlengkapan Service HP dan Fungsinya untuk pemula - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

7 Perlengkapan Service HP dan Fungsinya untuk pemula

Advertisement
Perlengkapan Service HP dan Fungsinya untuk pemula - Semakin banyaknya pengguna hp atau smartphone semakin banyak pula peluang kita untuk berbisnis di sini. Saat ini berbagai merk hp sudah beredar di Indonesia dan penjualnya pun juga banyak. Di antara peluang bisnis yang menjanjikan yaitu menjadi tukang service hp.

Masalah gajinya kita tidak bisa meremehkan tukang service hp ini. Biaya untuk flash hp saja berkisaran 50rb sampai 80rb tergantung OS hp nya. Bayangkan saja sehari bisa dapet 3 hp, kamu bisa mengantongi 200rb per hari.


Buat kamu yang ingin menjadi teknisi atau tukang service hp setidaknya harus mengetahui dulu peralatan yang digunakan. Dengan mengetahui nya kamu akan lebih mudah saat praktek.

Berikut beberapa Perlengkapan Service HP dan Fungsinya :

  1. Opening Tools - Peralatan ini biasanya di jual per set atau banyak menjadi 1. Di dalam nya ada banyak peralatan seperti obeng, tang, pinset, congkelan. Fungsinya adalah untuk membuka casing hp atau smartphone. Bisanya digunakan untuk membuka Touchscreen atau LCD.
  2. Multimeter - Alat ini digunakan untuk mengukus arus listrik. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk mendeteksi jalur PCB yang mati atau arusnya lemah.
  3. Power Supply - Seperti namanya peralatan ini digunakan untuk menyuplai power atau tegangan listrik. Untuk penggunaan saat service hp biasanya untuk mencoba test baterai.
  4. Solder tenol - Pasti kamu sudah tau alat ini, alat ini di gunakan untuk menyolder tenol saat kamu mengganti konektor charger, konektor sim, EMMC dll
  5. Blower / Solder Uap - Alat ini bentuknya hampir mirip dengan solder tenol. Hanya saja yang dikeluarkan dari alat ini berupa uap atau angin panas. Biasanya alat ini digunakan untul menghangati permukaan touchscreen supaya mudah dibuka.
  6. PCB Holder - Seperti namanya alat ini digunakan untuk mengunci pcb. Buat kamu yang ingin ganti EMMC biasanya pcb hp di taruh di sini supaya mudah di solder.
  7. Laptop atau komputer - Kalau ini digunakan untuk service hp dalam kasus software. Saat kamu melakukan flashing alat ini sangat kamu butuhkan.
Baca juga : Cara Flash Android Dengan Flash Tool
Sebenarnya masih banyak lagi perlengkapan service hp, tetapi untuk pemula di atas itu sudah cukup. Nantinya kalau kamu sudah menguasai bisa ditambah dengan peralatan servie lainnya.

Demikian pembahasan Perlengkapan Service HP dan Fungsinya untuk pemula dari kami. Semoga bisa membanti kamu yang ingin terjuan di dunia service hp. Bila kamu tidak ingin kursi dengan membaca artikel ini akan sedikit membantu. Tapi untuk lebih cepat menguasai lebih baik kursus bengkel hp.
Back To Top