Pengertian Hosting dan Domain di Website - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Pengertian Hosting dan Domain di Website

Advertisement
Pengertian Hosting dan Domain di WebsiteKecanggihan teknologi memang selalu menarik untuk disimak. Apalagi dunia internet yang selalu di upgrade setiap waktunya membuat banyak orang selalu merasa penasaran untuk melihatnya. Tidak hanya pembaharuan tentang game online, berita terkini atau semacamnya yang selalu menjadi sorotan masyarakat luas.

Namun juga berbagai macam komponen yang ikut mendukung jalannya internet juga tak luput dari perhatian masyarakat. Salah satunya yaitu komponen hosting dan juga domain.


Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui apa yang disebut dengan hosting maupun domain dan juga fungsinya. Namun, dua komponen ini ternyata bukanlah komponen yang asing di telinga para pebisnis online seperti web developer, blogger, internet marketing dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi salah satu pebisnis online ataupun hanya ingin sekedar menambah wawasan, berikut ini akan dijelaskan pengertian hosting dan domain di website khusus untuk Anda yang selalu merasa haus akan informasi.

Yang akan dibahas pertama kali dalam pengertian hosting dan domain di website kali ini ialah mengenai hosting. Sebenarnya, Anda sering kali menjumpai contoh dari hosting yang satu ini. Namun, karena mungkin Anda belum mengetahui apa itu hosting, hal ini pasti membuat Anda kebingungan untuk menyebutkan contohnya.

Hosting merupakan sebuah tempat yang difungsikan untuk menyimpan data yang ada pada website. Data-data yang disimpan tersebut dapat berupa gambar, dokumen, video, email serta website.

Data-data yang tertampung dalam web hosting tersebut diharuskan memiliki jaringan internet supaya dapat diakses dengan mudah oleh orang lain melalui jaringan internet yang tersedia. Penyedia jasa hosting ini pun juga harus menyediakan server yang selalu aktif selama 24 jam. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan orang lain agar dapat mengunjungi website milik Anda setiap waktu.

Server hosting juga dituntut untuk memiliki koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi. Karena pada nantinya hal ini akan berpengaruh pada kecepatan website saat diakses oleh orang lain.

Nah, setelah Anda mengetahui salah satu dari pengertian hosting dan domain di website yaitu tentang arti dari hosting, kini saatnya akan dibahas mengenai apa yang dimaksud dengan domain.

Jika hosting merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan data pada website, hal ini berbeda dengan apa yang dimaksud dengan domain. Domain merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat server yang ada pada sebuah komputer.

Awalnya, alamat server komputer ini dilambangkan dengan menggunakan deretan angka atau yang biasa disebut oleh sebagian orang dengan nama alamat IP. Karena dirasa kurang praktis ketika akan digunakan dan terbilang merepotkan, akhirnya alamat ini diganti dengan domain.

Jika hosting memiliki fungsi sebagai penyimpan data website, hal ini berbeda dengan fungsi dari domain itu sendiri. Fungsi utama dibuatnya domain adalah agar memudahkan manusia dalam mengetikan alamat website tanpa harus bersusah payah menghafal deretan angka. 

Jika Anda masih merasa bingung dengan yang dimaksud domain, dewasa ini domain juga banyak disebut orang sebagai alamat URL. Walaupun pada awal penggunaan domain hanya bisa ditulis dengan menggunakan huruf latin, namun seiring dengan perkembangan zaman hal ini membuat domain dapat ditulis dengan menggunakan abjad pada umumnya.

Baca juga : Cara membeli hosting di hawkhost dengan Paypal

Yang harus Anda perhatikan ialah bahwa domain ini harus membentuk sebuah kata dan berakhiran ekstensi. Banyak sekali contoh domain seperti .com, .sch, .net dan lain sebagainya.
Itulah pembahasan mengenai pengertian hosting dan domain di website dalam dunia internet. Semoga tulisan tentang pengertian hosting dan domain di website ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Back To Top