Pengertian Cisco Packet Tracer Dan Fungsinya - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Pengertian Cisco Packet Tracer Dan Fungsinya

Advertisement
Pengertian Cisco Packet Tracer Dan Fungsinya - Kemajuan teknologi yang canggih di berbagai bidang tak ayal menyumbang peran yang signifikan bagi kelangsungan hidup manusia. Ya, IT merupakan salah satu komponen yang tidak bisa terpisahkan begitu saja, terlebih kalau mengingat kegunaanya yang berhasil menembus segala aspek. 

Di sektor pendidikan misalnya, siswa bisa dengan leluasa memanfaatkan komputer untuk mengumpulkan informasi akurat yang mereka butuhkan. Bermodal kepiawaian saja, mesin pencari otomatis akan menampilkan sejumlah referensi.


Masih dari dunia pendidikan, istilah packer tracer mungkin terdengar awam bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tapi siapa sangka jika dampak yang dibawa oleh terobosan ini sangat berguna.
Selengkapnya, berikut pengertian cisco packet tracer dan fungsinya yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. 

Cisco packet tracer adalah sebuah software yang biasa dipakai untuk membangun jaringan secara virtual atau bisa dikenal dengan sebutan simulasi jaringan komputer. Umumnya digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, juga disertakan pada beberapa penelitian yang berkaitan erat dengan komputer. 

Program ini diluncurkan oleh Cisco System dan tersedia gratis di sejumlah fakultas, siswa, serta alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Adapun misi yang dibawa oleh alternatif anyar ini ialah agar para siswa dan pengajar dapat menguasai prinsip jaringan komputer dan meningkatkan kemampuan mereka terutama pada alat-alat jaringan Cisco. 

Bicara soal pengertian cisco packet tracer dan fungsinya, tentu tidak luput dari cara penggunaannya. Diaplikasikan melalui sertifikasi Cicso Academy Network Associate (CCNA) lantaran alat ini mempunyai batasan dan hanya bisa digunakan sebagai alat bantu belajar bukan pengganti cisco routers atau switches. 

Kabar kehadiran Cisco seolah menjadi jawaban atas problema yang selama ini melanda masyarakat dari berbagai belahan dunia. sebagian orang mengeluhkan bahwa mereka mengalami kesulitan tidak pandai mengotak-atik jaringan karena hardware atau peralatan yang hanya bisa diperoleh dengan budget fantastis. Dengan Cicso packet tracer inilah permasalahan mereka menemukan jalan keluar yang selain murah, penerapannya pun cukup mudah. Bahkan Anda bisa mempelajarinya dengan browsing di internet. 

Pertama download cisco packet tracer. Kemudian setelah pengunduhan berhasil, Anda harus memasang cisco tersebut. Selanjutnya Anda bisa menjalankan aplikasi Cisco packet tracer dengan panduan yang sudah Anda cermati sebelumnya. 

Anda akan menjumpai ikon bergambar huruf I dan segitiga dengan warna kuning dan putih, silahkan double klik, tampilan awal akan memunculkan beragam menu. Tambahkan perangkat jaringan sesuai dengan keperluan. Untuk mengetahui koneksi dari setiap device Anda bisa lakukan Ping di komputer, Switch, Router, dan lain sebagainya. 

Simulator alat-alat jaringan ini mengusung fungsi yang relatif kompleks. Bagaimana tidak? Berkat rancangan yang mutakhir ia mampu mendesain suatu sistem atau topologi jaringan yang  akan diterapkan apabila seseorang ingin membuatnya. 

Sudah mencapai versi 6, Cisco packet racer menyertakan komponen-komponen atau alat-alat yang sering dipakai dalam system network misalnya cross over, console, HUB, dan sejenisnya. Sehingga pengguna bisa dengan mudah mengetahui cara kerja tiap-tiap elemen dan menjalankan pengiriman pesan dari satu komputer ke komputer lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer

Sebelum mengaktifkan fitur jaringan pada masing-masing device hardware, pemakai diwajibkan mengaplikasikan software ini. Manfaatnya sangat banyak namun hanya meliputi komponen fisik yang terbatas. Hubungkan device dengan kabel yang sesuai. 

Agar rencana Anda dapat berjalan mulus, sebaiknya pelajari dan tentukan jenis device apa yang akan diaplikasikan, berapa jumlahnya, dan bagaimana bentuk konfigurasi jaringan tersebut pada kertas buram.

Sekian pemaparan mengenai pengertian cisco packet tracer dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Tag : Jaringan
Back To Top