Cara Menghilangkan Malware Di Android Dengan Mudah - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Menghilangkan Malware Di Android Dengan Mudah

Advertisement
Cara Menghilangkan Malware Di Android - Malware adalah problema kompleks yang seringkali membuat pengguna smartphone bingung dengan kehebatannya. Malicious software yang diciptakan dengan tujuan untuk mendeteksi kelemahan dari sistem operasi perangkat komputer ini dijadikan perantara bagi sebagian oknum nakal untuk mengambil data individu yang bersifat rahasia. Entah itu pada komputer, PC, Desktop, maupun smartphone.

Diaplikasikannya malware sebagai salah satu perantara mencuri dokumen penting seperti identitas, password, username, nomor kartu kredit, akun bank, maupun sejumlah info yang disimpan pemilik dalam laptop atau gadgetnya tentu menimbulkan kekhawatiran berlebih. Terutama bagi mereka yang awam dengan masalah gadget.


Untuk itulah Anda disarankan mempelajari cara menghilangkan malware di android sebagai antisipasi apabila smartphone Anda di serang oleh perangkat lunak ini melalui virus atau media sejenis. 

Selain menyebalkan, malware juga berpotensi mengganggu kinerja mobile Anda. Bahkan pada beberapa kasus dijumpai telepon yang tidak bisa beroperasi lagi. Metode yang paling diandalkan oleh mayoritas orang ialah memasang antivirus untuk menghapus malware tersebut, konsekuensinya Anda harus membayar. 

Nah, bagi Anda yang membutuhkan referensi cara menghilangkan malware di android yang simpel, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Dilansir dari wonderhowto.com, langkah awal yang mesti Anda aplikasikan adalah boot perangkat android pada safe mode. Hal ini ditujukan agar Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi yang tidak berguna, termasuk malware. 
Untuk masuk ke safe mode, Anda bisa menekan tombol power agar muncul tampilan reboot. Setelah itu layar akan menyuguhkan tulisan “power off”, selanjutnya tekan tulisan tersebut sampai Anda menjumpai pop-up yang menanyakan untuk reboot ke safe mode. Cara menghilangkan malware di android dapat Anda teruskan dengan mengklik “OK”. 

Apabila android Anda tidak disupport untuk menjalankan cara di atas, maka Anda bisa mencoba alternatif lain dengan melepas baterai dan memasangnya kembali untuk Hard Reset. Jika smartphone Anda menanamkan baterai non-removable maka hard reset bisa dipraktekkan dengan memencet dan menahan tombol power selama 10 detik. Jika gagal, tekan power dan volume secara bersamaan 10 detik.

Biarkan perangkat Anda melakukan booting. Di saat yang sama, tombol volume harus ditekan dan ditahan agar bisa masuk ke mode pengaman. Lain halnya dengan tipe android lawas, dimana Anda diwajibkan untuk memberi tekanan pada tombol menunya. Cara menghilangkan malware di android ini akan ditandai dengan kemunculan “safe mode” pada tampilannya, tepat pada bagian kiri atas.

Lalu Anda bisa berpindah ke “Setting” dan memilih “Apps”. Temukan malware pada bagian “downloaded”. Scroll ke bawah untuk menemukan aplikasi asing lainnya. Pastikan Anda menjalankan tips ini dengan teliti, agar tidak ada lagi malware yang membebani ponsel kesayangan Anda. Uninstall aplikasi tersebut. 

Jika tawaran untuk mencopot aplikasi tidak Anda jumpai. Kemungkinan yang paling dekat adalah aplikasi tersebut sudah diaktifkan sebagai administrator dari perangkat Anda. nonaktifkan fungsinya agar cara menghilangkan malware di android ini tidak sia-sia. Sangat sederhana, Anda hanya perlu kembali ke pengaturan utama, kemudian menuju “security”. Cari “device administrator” dan centang kotak yang ada di samping.

Baca juga : Pengertian Malware Dan Cara Kerjanya

Bila teknik di atas sudah Anda lakukan dengan sempurna dan malware dapat diatasi, maka Anda bisa mereboot perangkat yang tadi. Perangkat Anda akan keluar secara otomatis dari safe mode dan berjalan normal seperti sedia kala. 

Itulah cara menghilangkan malware di android yang bisa Anda jadikan panduan. Di samping menghemat budget, Anda pun tidak perlu ragu untuk menolong jika ada teman atau kerabat yang hp nya terserang malware.
Tag : Android, Komputer
Back To Top