Cara Membuat Domain dan Hosting Gratis dengan Mudah - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Membuat Domain dan Hosting Gratis dengan Mudah

Advertisement
Cara Membuat Domain dan Hosting Gratis - Internet merupakan salah satu dampak globalisasi yang memberi banyak keuntungan bagi manusia. Beragam fitur yang ditawarkan pun selalu menarik untuk dijadikan pusat perhatian. Nah, di sini akan dibahas mengenai dua komponen yang wajib ada dalam dunia Internet khususnya website.

Bagi anda para pebisnis dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain dan hosting. Tanpa kedua komponen ini mungkin sebuah website tidak akan bisa dimunculkan.


Pengertian domain itu sendiri adalah sebuah nama yang difungsikan untuk mengidentifikasi alamat server yang terdapat dalam sebuah komputer. Domain itu sendiri dapat berupa .com, .net, .sch, dan lain sebagainya.

Baca dulu : Pengertian Hosting dan Domain di Website

Sementara pengertian dari hosting itu sendiri adalah sebuah tempat yang difungsikan untuk menyimpan data-data yang ada di dalam website seperti email, dokumen, website,  gambar  dan video. Server dari hosting itu sendiri harus selalu tersambung jaringan internet selama 24 jam. Jaringan internet yang digunakan juga harus memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Setelah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan domain dan hosting kini akan dibahas bagaimana cara membuat domain dan hosting gratis. Pembuatan domain dan hosting tanpa berbayar ini ternyata cukup mudah untuk dilakukan.

Cara membuat domain dan hosting gratis tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda karena tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat website atau blog yang Anda inginkan.

Nah, cara membuat domain dan hosting gratis ini Anda hanya memerlukan sebuah layanan internet yang menawarkan pembuatan domain dan hosting gratis seperti IDHostinger. Terlebih dahulu, Anda harus melakukan pendaftaran sebelum membuat domain dan hosting tanpa berbayar.

Setelah Anda melakukan pendaftaran di IDHostinger, berikut ini akan diberikan cara membuat domain dan hosting gratis yang harus Anda lakukan untuk membuat domain dan hosting tanpa bayar.
  • Setelah Anda melakukan pendaftaran di www.idhostinger.com Anda akan langsung diarahkan pada halaman beranda. Pada halaman beranda, pilih Menu Hosting kemudian klik Order Hosting Baru.
  • Kemudian paket hosting yang tidak berbayar.
  • Ketik nama URL yang akan Anda gunakan, lalu pilih nama subdomain, isikan dengan menggunakan password yang baru atau Anda juga bisa mengisinya menggunakan password lama. Pastikan semuanya telah terisi kemudian Anda baru bisa klik Lanjutkan.
  • Masukkan kode keamanan dengan baik dan benar kemudian pilih Order.
  • Nah, domain yang Anda buat telah selesai.
  • Cek domain yang telah dibuat dengan mengetikan nama domain yang telah didaftarkan pada browser. Jika berhasil, maka akan muncul sebuah tampilan dengan tulisan "Akun Anda telah dibuat".
Cukup mudah bukan cara membuat domain dan hosting gratis? Yang perlu Anda ingat bahwa domain sengaja untuk dibuat berbeda sedangkan dalam membuat hosting di hostinger memiliki langkah yang sama.

Jika Anda mengalami kegagalan dalam membuat hosting di hostinger, ada 2 kemungkinan yang menjadi penyebabnya.
  1. Kemungkinan yang pertama Anda sudah memiliki 2 Hosting pada IDHostinger. Hal ini karena IDHostinger hanya membatasi sampai 2 Hosting per account.
  2. Yang kedua, pastikan bahwa Anda telah mengisi kolom deskripsi yang tersedia.
Baca juga : Cara mendapatkan domain gratis

Nah, itulah kendala yang mungkin terjadi dalam pembuatan hosting dan domain tanpa berbayar ini. Untuk kelancaran dalam pembuatan domain dan hosting gratis pastikan bahwa Anda tidak memiliki lebih dari 2 hosting dan pastikan semua kolom yang tersedia sudah benar-benar terisi.

Semoga cara membuat domain dengan hosting gratis ini bermanfaat dan memudahkan Anda membuat domain dan tanpa bayar. Selamat mencoba. 

Back To Top