Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya - Buat kamu pengguna laptop yang mengalami mati sendiri dengan membaca artikel ini di harapkan bisa menangani sendiri. Di sini akan kami bahas kejadian umum yang menyebabkan laptop mati sendiri. Sebuah laptop tiba-tiba mati bukanlah hal yang langka karena laptop juga merupakan barang elektronik yang ada masanya. Laptop baru maupun bekas bisa saja mengalami mati sendiri sebab komponen setiap lapto berbeda-beda, jika kamu beruntung bisa mendapatkan kualitas bagus.

Kerusakan laptop meliputi kerusakan kecil hingga kerusakan parah yang nantinya perlu biaya banyak untuk memperbaik. Dengan membaca step-steb penyebab laptop mati di bawah ini kamu akan menemukan di posisi mana laptop kamu berada.


Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya :


1. Baterai habis

Untuk yang pertama di mulai dari hal yang sepele saja yaitu baterai habis dan lupa mencolokan chargernya. Hal ini sering terjadi karena pengguna sedang serius memantengin laptop sehingga lupa mencolokan charger. Ketika baterai habis biasanya laptop akan mati sendiri bisa juga laptop akan masuk mode sleep. Untuk cara menanganinya tinggal colokan charger lapto.

2. RAM lepas atau rusak

Saat laptop sering di pindah-pindah dan mendapatkan guncangan bisa menjadikan RAM sedikit terlepas yang menjadikan laptop mati sendiri. Ciri-ciri dari kejadian ini adalah laptop masih mau dinyalakan tapi tidak mau proses masuk sistem operasi. Untuk cara menanganinya silahkan lepas RAM dan bersihkan dengan penghapus karet. Jika cara ini tidak berhasil kemungkinan RAM lemah atau rusak. Kalau begini harus ganti RAM baru yang masih normal.

3. Chipset BIOS rusak

Ciri-ciri dari kejadian ini seperti laptop bisa hidup tapi langsung tidak lama kemudian langsung mati. Ini disebabkan Chipset BIOS terlalu panas atau kipas prosesor kurang dingin. Untuk menangani ini harus ahli servise laptop, karena harus ganti dengan chipset yang masih normal.

4. Hard disk rusak

Hard disk rusah disebabkan oleh banyak hal, seperti pemakaian terlalu penuh, harddisk terkena guncangan, sering install ulang sistem operasi dan harddisk sendiri memang kualitas buruk. Ciri-ciri kejadian ini laptop bisa menyala tapi cuma sampai BIOS dan atau tulisan "Hard disk not found.....". Cara menanganinya adalah ganti harddisk yang masih normal. Untuk cara mengantisipasinya adalah jangan terlalu sering install ulang, jangan terlalu penuh menggunakan penyimpanan apa lagi untuk drive C lokasi sistem operasi di install.

5. Motherboard mati

Ini terparah yang sering terjadi di laptop-laptop. Ketika sudah mengidentifikasi masalah-seperti di atas tapi masih belum bisa. Kemungkinan terkahir motherboard mati. Kerusakan ini terjadi tidak memandang merek laptop. Kemungkinan ini terjadi karena kualitas dari motherboard sendiri pas yang jelek.


Demikian Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya. Jika ada yang kurang paham silahkan hubungi kontak atau halaman facebook kami,
Back To Top