Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca atau Rusak - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca atau Rusak

Advertisement
Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca atau Rusak - MicroSD merupakan memori penyimpanan eksternal yang banyak digunakan untuk smartphone. Kebanyakan penggunakan smartphone meyimpan data file, foto dan video di microSD ini. Dengan menggunakan micro sd kita dapat dengan mudah memindahkan ke perangkat laptop atau komputer yaitu dengan menggunakan card reader. Saat kita ingin menjual smartphone juga tinggal copot microsd nya saja. Tetapi apa yang terjadi jika microsd kita tiba-tiba tidak terbaca atau minta di format ?

Banyak orang bingung saat tiba-tiba microsd yang mereka gunakan tidak terbaca di smartphone. Buat yang datanya tidak penting mungkin bunkan masalah karena tinggal beli yang baru. Tapi buat kamu yang isi dari microsd nya berisi data atau file foto dan video pasti kecewa. Dengan mengikuti tips di bawah ini kamu bisa menangani sendiri permasalahan microsd yang tidak terbaca.


Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca atau Rusak :


1. Untuk Cara Pertama mencopot microsd

  • Silahkan copot microsd dari smartphone
  • Lalu bersihkan lempengan tembaga yang ada pada microsd, lempengan tembaga biasanya berwarna keemasan. Sebaiknya gunakan kapas atau penghapus pensil 
  • Sekarang silahkan coba pasang lagi microsd ke smartphone dan cek apakah sudah terbaca atau belum.

2. Untuk Cara Kedua langsung dari samrtphone

  • Silahkan masuk ke menu Setting/pengaturan di smartphone kamu, lalu pilih Storage
  • Pada tampilan Storage silahkan pilih Erase SD card
  • Cara ini akan mengembalikan microsd persis saat masih baru, jika ada data akan terhapus.

3. Untuk Cara Ketiga menggunakan Laptop

  • Dengan menggunakan laptop atau komputer silahkan hubungkan smartphone kamu menggunakan kabel data bisa juga kabel USB
  • Kamu pastikan smartphone tersambung dengan laptop, pada tampilan smartphone silahkan pilih Mass storage mode (MSC), hubungkan Media transfer mode (MTP).
  • Untuk di laptop, silahkan buka Windows Explorer lalu klik kanan di Drive microsd yang sudah tersambung, pilih Properties lalu Tools lalu Error Checking, silahkan tunggu hingga proses berakhir.

4. Cara Keempat MicroSD terbaca di laptop tapi tidak terbaca di hp

Dari beberapa pengalaman ada kejadian saat microsd terhubung ke laptop terbaca dan tidak ada masalah, tapu saat di pasang di smartphone tidak terbaca. Silahkan dicoba dengan cara berikut ini :
  • Silahkan buatlah sebuah folder baru di HardDisk laptop (bisa di drive D), jangan lupa beri nama folder tersebut. fungsi folder ini nantinya untuk tempat penyimpanan sementara atau backup isi microsd yang tidak terbaca tadi.
  • Selanjutnya copy semua isi data yang ada di microsd lalu Paste ke folder kamu buat tadi.
  • Sekarang Format microsd, caranya klik kanan pilih format.
  • Terakhir Copy paste kembali semua data yang sudah kamu pindah tadi ke microsd dan coba tancapkan microsd ke smartphone.

Demikian Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca atau Rusak. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang mengalami masalah dengan microsd. Saat banya foto penting di microsd tentunya kamu akan merasa kehilangan. Jadi sebaiknya hati-hati saat menyimpan data di microsd karena bisa saja data yang kamu simpan berupa virus. Biasanya data ini hasil dari kamu download di internet.
Tag : Tip dan Trik
Back To Top