5 Macam Serangan Jaringan Komputer - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

5 Macam Serangan Jaringan Komputer

Advertisement
Macam Serangan Jaringan Komputer - Jaringan komputer merupakan kumpulan dimana komputer saling terhubung satu dengan yang lainnya. Dengan adanya jaringan komputer ini pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya. Seperti mengirim file, foto, video, chating dan lainnya. Saat ini yang sedang populer adalah jaringan komputer untuk internet. Semakin banyaknya pengguna internet ini menjadikan orang-orang jahil melancarkan aksinya untuk merentas data dari pengguna tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa sebuah website itu juga terhubung dengan menggunakan jaringan komputer. Jadi setiap saat website bisa saja direntas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Jadi sebelum kamu mengalami ini sebaiknya kamu ketahui berbagai macam serangan jaringan komputer berikut ini :
  1. LAND Attack merupakan serangan terhadap suatu server, dimana server tersebut terhubung dalam suatu jaringan yang kerjanya untuk menghentikan layanan, sehingga terjadi gangguan terhadap layanan atau jaringan komputer . Tipe serangan semacam ini disebut sebagai Denial of Service (DoS) attack. LAND attack dikategorikan sebagai serangan SYN (SYN attack) karena menggunakan packet SYN (synchronization) pada waktu melakukan 3-way handshake untuk membentuk suatu hubungan berbasis TCP/IP.
  2. Ping of Death merupakan suatu serangan (Denial of Service) DoS yang memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket. Penyerang dapat mengirimkan berbagai paket ICMP (digunakan untuk melakukan ping) yang terfragmentasisehingga waktu paket-paket tersebut disatukan kembali, maka ukuran paket seluruhnya melebihi batas 65536 byte.
  3. Teardrop attack adalah suatu serangan bertipe Denial of Service (DoS) terhadap suatu server/komputer yang memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket, dan kelemahan yang ada di TCP/IP pada waktu paket-paket yang terfragmentasi tersebut disatukan kembali. Dalam suatu pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lain melalui jaringan berbasis TCP/IP, maka data tersebut akan dipecah-pecah menjadi beberapa paket yang lebih kecil di komputer asal, dan paket-paket tersebut dikirim dan kemudian disatukan kembali di komputer tujuan. Server bisa diproteksi dari tipe serangan teardrop ini dengan paket filtering melalui firewall yang sudah dikonfigurasi untuk memantau dan memblokir paket-paket yang berbahaya seperti ini.
  4. Half-Open Connection Dalam serangan half-open connection, penyerang mengirimkan ke server yang hendak diserang banyak paket SYN yang telah dispoof atau direkayasa sehingga alamat asal (source address) menjadi tidak valid. . Tipe serangan half-open connection atau SYN attack ini dapat dicegah dengan paket filtering dan firewall, sehingga paket-paket SYN yang invalid tersebut dapat diblokir oleh firewall sebelum membanjiri server.
  5. UDP Bomb Attack Untuk melakukan serangan UDP Bomb terhadap suatu server, seorang penyerang mengirim sebuah paket UDP (User Datagram Protocol) yang telah dispoof atau direkayasa sehingga berisikan nilai-nilai yang tidak valid di field-field tertentu. Jika server yang tidak terproteksi masih menggunakan sistem operasi (operating system) lama yang tidak dapat menangani paketpaket UDP yang tidak valid ini, maka server akan langsung crash.
Saat ini yang sering terjadi adalah peretasan data yang diambil melalui website-webstie. Seperti facebook, twitter, e-mail, web site perusahaan dan website toko online. Buat kamu yang sering belanja online dan di minta memasukan kartu kredit harap berhati-hati. Jika keamana dari website tersebut kurang. Bisa saja data kartu kredit kamu diambil orang jahat.
Tag : Jaringan
Back To Top