Cara Mengganti Touchscreen Smartphone Sendiri - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mengganti Touchscreen Smartphone Sendiri

Advertisement
Cara Mengganti Touchscreen Smartphone Sendiri - Touchscreen atau layar sentuh merupakan bagian pokok dalam sebuah smartphone. Apabila touchscreen mengalami kerusakan, pengguna smartphone pasti akan merasa kesal. Kerusakan pada touchscreen atau layar sentuh ini ada bermacam-macam. Contohnya rusak tidak bisa dipencet menunya, ada yang bisa dipencet tapi menu beda yang kebuka, ada juga karena smartphone jatuh sehingga layar sentuh rusak. Ada juga karena keteledoran pengguna menaruh di saku sehingga smartphone kedudukan membuat layar sentuh rusak. Dari bermaca-macam masalah kerusakan tersebut, di sini saya ingin menyampaikan cara untuk mengganti touchscreen nya.

Untuk setiap smartphone mungkin untuk cara  mengganti touchscreen nya akan berbeda karena posisi baut dan letak layar sentuhnya berbeda. Tetapi untuk garis pokonya sama, tinggal kita cari solusinya sedikit yang berbeda. Untuk contoh cara mengganti touchscreen kali ini, saya mengambil smartphone Lenovo A516.

Berikut ini Cara Mengganti Touchscreen Smartphone Sendiri :


1. Matikan smartphone android lalu buka penutup dan lepas baterainya.

2. Dengan menggunakan obeng silahkan buka skrup nya dan lepaskan jalur yang menghubungkan pcb dengan jalur lcd. Harap pelan-pelan dan di ingat letaknya supa mudah nanti saat mengembalikan.


3. Setelah blok PCB terlepas sekarang hangatkan layar sentuh. Jika tidak mempunyai alat pemanas khusus smartphone, kamu bisa menggunakan hair dryer atau setrika yang penting jangan terlalu panas. Ini tujuannya supaya mudah melepas touchscreen dari body smartphone.


4. Selanjutnya dengan menggunakan lempengan seng atau bisa menggunakan kartu remi dan sejenisnya, silahkan cukil pelan-pelan touchscreen dari body smartphone.


5. Jika touchscreen sudah terlepas, sebelum mengganti dengan touchscren yang baru silahkan dicoba dulu touchscreen berjalan normal atau tidak. Jika sudah yakin berjalan normal baru dipasang dan diskrup seperti awalnya.


6. Sekarang touchscreen sudah berhasil diganti dengan yang baru.

Baca juga : Cara Flash Android Dengan Flash Tool 15 Menit Selesai

Demikian Cara Mengganti Touchscreen Smartphone Sendiri. Cara ini memang mempunyai resiko besar jika tidak dilakukan secara hati-hati. Tapi tidak ada salahnya mencoba sendiri mengganti touchscreen nya. Kalau belum mencoba jangan takut gagal, karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan.
Back To Top