Cara Mengganti RAM Laptop Dengan Mudah - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mengganti RAM Laptop Dengan Mudah

Advertisement
Cara Mengganti RAM Laptop - RAM atau Random Acces Memory merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Kapasitas RAM diukur dengan GB atau Gigabyte. Satu 1GB sama dengan 1000MB. Fungsi utama RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara. Berbeda dengan Hardisk sebagai penyimpanan tetap, RAM hanya menyimpan proses yang sedang berjalan saat laptop hidup. Ketika laptop mati semua penyimpanan di RAM akan hilang. Semakin besar kapasitas RAM akan semakin cepat juga sebuah proses berjalan. Jadi jika laptop kamu kinerjannya lemot salah satu mengatasinya bisa dengan upgrade RAM.

Saat ini memang kapasitas RAM besar-besar, saat pertama beli laptop kapastias standar RAM biasanya 2GB. Pasti kamu berfikir RAM 2GB sudah cukup, tapi itu salah. Saat masih menggunakan Windows XP mungkin RAM 2GB sudah lancar, tapi untuk windows 7, 8 dan 10 RAM 2GB menurut saya masih kecil. Buat menjalankan sistem operasi saja sudah menggunakan RAM besar apalagi buat kamu yang hobby main atau multimedia. Maka dari itu untuk kenyamanan kamu harus mengganti / upgrade RAM.

Jika kamu takut harga RAM mahal lakukan upgradde RAM sendiri. Dengan melakukan upgrade RAM sendiri tentunya akan menghemat biaya. Cara mengganti RAM laptop tidak sulit seperti yang kamu bayangkan meskipun itu kamu baru pertama kalinya.

Yang harus diperhatikan sebelum mengganti RAM Laptop, Jika akan menggunakan 2 RAM PC RAM harus sama. Contoh gambar di bawah ini PC RAM nya adalah PC2-6400S. Jika kamu hanya menggunakan satu RAM itu bukan masalah yang penting slot RAM cocok.


Sekarang langsung saja ke cara mengganti RAM laptop sendiri dengan mudah :


1. Langkah pertama pastika laptop sudah mati atau lepas baterai laptopnya.
2. Letak RAM biasanya ada dibagian bawah laptop berdekatan dengan tempat hardisk. Silahkan buka semua skrup penutup laptop dengan obeng.


3. Sekarang silahkan pasang RAM di slot kedua. Perlu diperhatikan jangan sampai kebalik memasang RAM nya. Jika berhasil di pasang silahkan pasang kembali penutup RAM nya.


4. Untuk mengecek apakah RAM sudah bertambah atau belum bisa melalui klik kanan properties My Computer atau melalui BIOS.

Baca juga : Cara Mengganti Lcd Laptop Yang Rusak

Demikain cara mengganti RAM Laptop dengan mudah tanpa perlu keluar biaya banyak. Cara ini bisa kamu praktekan di laptop Asus, Acer, Lenovo, Toshiba dan lainnya. Mungkin setiap merek laptop letak posisi slot RAM berbeda. Kamu tinggal mencarinya saja di bagian bawah laptop.
Tag : Komputer
Back To Top