Cara Mengganti Lcd Laptop Yang Rusak - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mengganti Lcd Laptop Yang Rusak

Advertisement
Cara Mengganti Lcd Laptop - LCD Laptop merupakan komponen sebuah laptop yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari motherboard. Kadang kita jumpai sebuah laptop kipas fan dan power menyala tapi tidak bisa ditampilkan di layar. Ada juga laptop jatuh sehingga lcd layar laptop pecah atau retak. Mau tidak mau kita harus mengganti lcd laptop ini. Buat kamu yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, bisa mencoba cara mengganti lcd laptop berikut ini. Selain lebih hemat, kamu juga akan mendapatkan pengalaman baru. Sebenarnya untuk mengganti lcd laptop tidak lah sesulit yang kita bayangkan. Asal kita berani mencoba pasti bisa.

Kebanyakan orang cari enaknya, bawa ke service beres. Buat yang duwit pas-pasan atau kamu seorang mahasiswa yang harus menghemat pengeluaran perlu mencoba cara mengganti lcd laptop ini.

Langsung saja ikut langkah untuk cara mengganti lcd laptop ini :


1. Pertama yang harus kamu lakukan silahkan beli lcd laptop sesuai laptop yang kamu punya.
2. Selanjunya pastikan laptop dalam keadaan mati atau lepas baterai laptopnya.
3. Berikutnya buka pelan-pelan pelindung lcd laptop. Lakukan mulai dari samping. Cukil pelan-pelan.


 4. Jika pelindung depan lcd laptop terbuka, selanjutnya lepas skrup-skrup yang ada di pojok-pojok lcd. skrup ini menempel dengan body laptop.


5. Setelah skrup terlepas semua, sekarang robohkan pelan lcd ke depan maka akan ada kabel yang menghubungkan motherboard dengan LCD (kabel flexible lcd laptop). Silahkan copot pelan-pelan dan LCD Laptop sudah terlepas dari laptop.


6. Selanjutnya silahkan pasang lcd laptop yang baru. Sebelum menutup dengan skrup sebaiknya di coba dulu apakah lcd benar-benar nyala normal atau tidak. Jika sudah normal langsung saja pasang skrup dan penutup lcd laptopnya.


7. Selesai, sekarang kamu sudah bisa mengganti lcd laptop sendiri tanpa perlu membawa ke service yang memerlukan biaya banyak.

Baca juga : 5 Faktor Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Yang harus kita perhatikan adalah saat melepas dan memasang kabel flexibelnya. Kabel flexibel ini juga rawan rusak jadi tidak boleh sembarangan saat mencopot dan memasangnya. Setiap pelindung lcd laptop setiap laptop berbeda, jadi harus diperhatikan jika ada yang menggunakan skrup dibuka dulu skrupnya. Jika tidak ada berarti hanya ada penjepit antar pelindung lcd.
Tag : Komputer
Back To Top