Cara Menambah Splash Screen Aplikasi di Android Studio - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Menambah Splash Screen Aplikasi di Android Studio

Advertisement
Cara Menambah Splash Screen Aplikasi di Android Studio - Splash screen adalah tampilan awal sebuah aplikasi sebelum aplikasi membuka menu utama. Contoh mudahnya saat kamu membuka aplikasi browser opera sebelum masuk ke menu utama akan ada tampilan loading. Itulah yang dinamakan splash screen. Memang untuk aplikasi besar seperti BBM , Whatsapp dan Google Crome tidak menggunakan splash screen. Tetapi buat kamu yang ingin membuat aplikasi seperti resep masakan, tugas kuliah atau aplikasi pribadi akan lebih menarik jika ditambah dengan splash screen.

Tutorial cara menambah splash screen kali ini akan melanjutkan aplikasi yang sudah dibahas sebelum. Jika kamu belum baca silahkan baca di sini. Kamu juga bisa praktek langsung menggunakan aplikasi yang sudah kamu buat sendiri.

Untuk membuat splash screen akan melalui beberapa tahap ini :


  • Menambah layout splash.xml
  • Menambah spalsh.java
  • Menambah Task.java
  • Mengubah AndroidManifest.xml

1. Menambah Layout splash.xml



Silahkan buat layout splash.xml di folder Layout aplikasi (app>src>main>res>layout). Caranya : Klik kanan folder layout lalu pilih New > XML > Layout XML file. Untuk layout File name isikan nama layout "splash". Jangan lupa untuk memasukan gambar di drawable dengan nama splash. Lalu masukan kode bawah ini di layout splash.


2. Menambah spalsh.java dan Task.java



Supaya layout dapat bekerja, maka kita perlu menambah sebuah program java yaitu splash.java dan Task.java. Caranya : Pilih folder java lalu klik kanan com.delhendro.aplikasipertama lalu pilih New, selanjutnya pilih java class. isi name "splash". Silahkan buat satu lagi dengan nama "Task". Selanjutnya isikan kode program di bawah ini.

splash.java

Task.java



3. Mengubah AndroidManifest.xml


Supaya splash dapat berjalan sebelum tampilan utama aplikasi, maka perlu mengubah kode di manifest. Beritkut ini kodenya



Jika kita jalankan tampilannya seperti di bawah ini

Untuk source kode bisa di download DI SINI

Baca juga : Cara daftar developer google play tanpa kartu kredit

Demikian tutorial Cara Menambah Splash Screen Aplikasi di Android Studio. Menambah splash screen juga bisa kamu lakukan pada aplikasi yang sudah jadi atau baru buat. Intinya kita mengalihkan MainActivity.java ke splash.java sehingga layout splash.mlx akan terbuka lebih dulu sebelum activity_main.xml.
Tag : Developer
Back To Top