Cara Upload apk ke PlayStore Gratis - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Upload apk ke PlayStore Gratis

Advertisement
Cara Upload apk ke PlayStore Gratis - Google PlayStore merupakan layanan market aplikasi android yang sangat populer saat ini. Di sana terdapat jutaan aplikasi yang dapa kamu unduh baik secara gratis maupun berbayar. Jika di umpamakan Google PlayStore adalah sebuah toko, di mana toko itu menjual banyak barang. Tapi mengapa aplikasinya banyak yang gratis ? Pertanyaan yang menarik. Memang pengguna hp android dapat menemukan banyak aplikasi gratis di playstore. Tapi kamu juga harus tau, setiap aplikasi yang gratis pasti ada iklannya. Itulah sumber pendapatan para developer (julukan pengembang aplikasi).

Pasti kamu tertari untuk meghasilkan uang seperti mereka dengan mengupload aplikasi android kamu di play store. Tapi kamu bingung bagai mana caranya. Untuk bisa upload aplikasi android ke play store kamu harus menjadi developer aplikasi android dulu. Kamu harus membuat aplikasi hasil karya sendiri. Aplikasi yang banyak digunakan developer apliaksi android saat ini android studio. Jika mau install di laptop kamu slahkan baca cara install android studio di laptop. Jika kamu sudah memiliki aplikasi sendiri baru berkunjung lagi e sini. Kalau hanya ingin sekedar tau caranya boleh lanjut membaca artikel ini.

Apa memang benar-benar gratis? Untuk upload apk memang gratis yang bayar adalah saat daftarnya. Jadi jangan salah pahan upload file dan daftar menjadi developer. Kalau untuk cara daftar menjadi developer di google play store silahkan baca cara daftar developer google play tanpa kartu kredit. Jika sudah jelas sekarang langsung saja ke Cara Upload apk ke PlayStore Gratis.

Persiapan sebelum upload apk ke playstore :


  • Yang pertama tentunya kamu sudah daftar menjadi developer google play store
  • Siapkan file apk asli buatan kamu sendiri yang sudah ada keystorenya
  • Beberapa berkas seperti icon dengan resolusi 512x512, background ukurang 1024x500, screenshot aplikasi minimal 2.
Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini. Nanti akan memahami sendiri

Sekarang ke cara upload apk ke playstore :


1. Masuk ke developer google play store dengan akun yang sudah kamu daftarkan. Bisa melalui link di sini.

2. Setelah masuk, klik menu Apk dan Create New App. Pilih bahasa dan nama file apk yang akan di upload. lalu pilik upload apk

3. Pada tahap ini silahkan pilih menu APK lalu upload file apk kamu. Jika berhasil tanya centang menyala

4. Selanjutnya pilih menu Content Rating. Tampilan pertama klik continue. Selanjutnya masukan e-mail kamu dan pilih kategori aplikasi kamu. Selanjutnya akan di suruh menjawab beberapa pertanyaan tentang aplikasi kamu. Silahkan jawab menurut aplikasi kamu jika selesai klik Save questioner lalu klik calculate rating. Selanjutnya pilih Apply Rating. Jika benar centang akan nyala seperti gambar di bawah ini.

5. Sekarang klik menu Store Listing. Di sini yang bertanda bintang (*) wajib di isi karena akan tampil di play store saat mau di download.

Penjelasan :
  1. Title : Isi judul aplikasi kamu
  2. Short description : Isi penjelasan singkat aplikasi kamu
  3. Full description : Isi jabaran mengenai aplikasi kamu, maksimal 4000 karakter
  4. Screenshots : Isi screnshoot aplikasi kamu minimal 2 screenshot.
  5. Hi-res icon : isi dengan icon ukuran 512x512
  6. Feature Graphic : isi dengan gambar ukuran 1024x500. ini untuk background aplikasi di play store.
  7. Application type : Isi jeni apk kamu aplikasi atau game
  8. Category : Isi kategori aplikasi
  9. Content rating : isi yang dapat memeri rating aplikasi
  10. E-mail : sisi e-mail
  11. Privacy policy : isi url privacy policy kamu, bisa dari blog kamu
Setelah semua di isi dengan benar selanjutnya kli save draft, jika berhasil centang akan menyala. Lihat gambar di bawah ini.


6. Pilih menu Pricing dan Distrubution. Untuk This application is pilih free jika aplikasi bisa di donwnload gratis. Selanjutnya pilih negara mana saja yang dapat download aplikasi kamu. Untuk content ads pilih yes jika aplikasi kamu ada iklannya. Silahkan centang Content guidelines dan US export laws. lalu klik save draft. Jika sukses centang akan menyala, lihat gambar di bawah ini.

7. Jika ke empat APK, Store Listing, Content Rating dan Pricing & Distribution centang menyala maka tombol Publish App juga menyala.

8. Sekarang kamu tinggal klik Publish App dan aplikasi kamu akan berhasil di publish. Perlu menunggu waktu kurang lebi 2 jam baru aplikasi sudah siap di download di Play Store.

Demikian Cara Upload apk ke PlayStore Gratis. Meski terlihat rumit tapi ini sangat mudah, tapi berhubungan kamu baru baru pertama kali pasti akan bingung. Jika ada pertanyaan bisa hubungi fanpage kami atau kirim pertanyaan lewat konta di atas.

Back To Top