Cara Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Kehilangan Data - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Kehilangan Data

Advertisement
Cara Menambah Kapasitas Drive C - Drive C merupakan lokasi partisi yang sangat pokok untuk sebuah komputer maupun laptop. Pada umumnya drive C digunakan untuk mengintall sistem operasi dan aplikasi pendukung lainnya. Kebanyakan pengguna komputer memberi kapasitas pada drive c ini paling sedikit dibanding partisi drive D atau E. Berbagai alasan seperti data akan hilang jika di install ulang, yang penting cukup buat install sistem operasi dan aplikasi pendukung. Menurut saya itu salah, karena drive C merupakan partisi pokok untuk kelancaran sistem operasi dan aplikasi. Jadi harus memiliki ruang yang besar supaya tidak kehabisan. Kalua drive D dan E bisa saja menggunakan flashdisk dan hard disk eksternal.

Buat kamu yang memasang aplikasi seperti game PES, Corel draw, potoshope atau game lainnya pasti semakin lama hard disk drive c akan semakin bertambah. Itu karena setiap project yang kita buat akan menambah kapastitasnya. Pada awalnya sebuah game PES 2016 saat di install kapasitasnya sekitar 5GB, setelah digunakan beberapa bulan kapasitas pasti akan naik sampai 9 GB. Maka dari itu partisi drive C sebaiknya diberi ruang yang besar jika tidak mau kehabisan yang nantinya membuat kinerja komputer atau laptop menurun.

Buat yang sudah terlanjur membuat partisi di drive kecil dan mau menambahnya tanpa install ulang, berikut ini Cara Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Kehilangan Data. Sebenarnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan bisa Extend drive C, tapi ada beberapa orang mengatakan lebih resiko. Maka dari itu di artikel ini kami akan menggunakan aplikasi MiniTool untuk menambah kapasitas drive C.

Persiapan : Download dulu aplikasi MiniTool langsung di Website nya, klik Sini 

Sekarang ke tahap Cara Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Kehilangan Data :


1. Setelah di download silahkan install aplikasi MiniTool
2. Sekarang jalankan aplikasi MiniTool. Akan muncul tampilan di bawah ini. Silahkan klik MiniTool Partition Wizard Free.

3. Selanjutnya klik kanan pada Drive C, lalu pilih Extend
4. Pada Take Free Space From, silahkan pilih drive yang akan kita ambil kapasitasnya. Di sini kami akan mengambil dari drive D. Untuk How much space do you want take silahan sesuaikan yang kamu kehendaki. Jika sudah klik OK

5. Sekarang klik Apply di sudut kiri atas. Jika muncul popup untuk menyimpan dan restart klik ok saja.
6. Maka komputer akan melakukan restar. Ketika komputer nyala, proses Extenddrive C akan berjalan. Silahkan tunggu saja sampai selesai
7. Jika sudah selesai komputer akan restart otomatis dan proses Extend drive C selesai

Artikel Terkait :
Demikian Cara Menambah Kapasitas Drive C Tanpa Kehilangan Data. Dengan mengikuti langkah di atas tidak akan data yang hilang di komputer kamu. Semakin besar kapasitas drive semakin bagus kinerja komputer kamu. Cara ini sudah saya buktikan sendiri di windows 10. Buat kamu yang menggunakan Windows 7 dan Windows 8 caranya sama saja.
Tag : Komputer
Back To Top