Cara Memperbaiki Hax Is Not Running di Android Studio Dengan Mudah - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Memperbaiki Hax Is Not Running di Android Studio Dengan Mudah

Advertisement
Cara Memperbaiki Hax Is Not Running di Android Studio - Saat kita baru selesai install Android Studio pasti langsung ingin mencoba menjalankan emulato AVD. Untuk emulator default dari android studio adalah Nexus 5 dengan OS Android 5.0 Lollipop. Jika kamu langsung menjalankan emolator tersebut pasti akan error dan AVD tidak akan jalan. Permasalahan error terjadi karena pengaturan RAM emulator terlalu besar dan pengaturan RAM di Hardware Accelerate Execute Manager (intelhaxm) terlalu kecil atau lebih kecil. Jadi untuk bisa menjalankan emolator tersebut kita harus merubah settingan intelhaxm.


Kata-kata error yang muncul saat AVD di jalankan :

Emulator: device fd:844
Hax is note working and emulator runs in emulator mode
emulator: The memory needed by this VM exceeds the driver limit
creating window 43 59 329 583

Inti arti dari perintah tersebut adalah HAX tidak bekerja, memori yang diperlukan VM (Virtual Memory) limit atau kurang, jadi kita harus membenahinya.

Catatan : Prosesor pada laptop komputer wajib Intel jika ingin mengatasi error seperti ini.

Berikut ini cara memperbaiki hax is not running :


1. Silahkan download dan install intelHAXM terbaru di sini. Pilih sesuai sistem operasi laptop kamu


2. Yang perlu di perhatikan waktu install IntelHAXM, saat menentukan Memory limit for Intel HAXM kamu harus mengisi 1024 MB ke atas. Ini karena emulator AVD dengan sistem operasi Android 5.0 ke atas memerlukan Virtual Memory yang besar juga. Semakin tinggi versi sistem operasi semakin besar juga RAM nya                                          

3. Setelah install Intel HAXM selesai sekarang kita ke pengaturan emulator AVD. Silahkan buka aplikasi Android Studio nya. Selanjutnya pilih menut Tools > Android > AVD Manager.

4. Kita buat emulator baru saja. Klik Create Virtual Device.

5. Supaya emulator ringan kita buat, kita pilik "4" WVGA (Nexus S)" lalu klik Next

6. Untuk sistem operasinya kita pilih "Jelly Bean" jika belum ada silahkan download dulu. Kamu bisa memilih sistem operasi lebih tinggi sampai Marshallow. Tapi supaya lancar kita coba Jelly Bean dulu. Klik Next untuk melanjutkan.

7. Selanjunya ini ke pokok penting, untuk AVD name isi bebas yang harus diperhatikan mengatur Memory. Silahkan bagian RAM isi 1GB, VM heap : 512, internal storage : 1GB. Lalu klik finish

8. Sekarang silahkan klik tombol Play untuk menjalankan AVD.

9. Tunggu sebentar hingga AVD muncul seperti tampilan di bawah ini


Baca juga :
Demikian Cara Memperbaiki Hax Is Not Running di Android Studio. Pada intinya emulator AVD tidak jalan karena pengaturan Virtual Memori di Intel HAXM terlalu kecil dan pengaturan RAM di emulator terlalu besar. Jadi supaya emulator berjalan lancar, RAM di emulator harus lebih kecil dari Virtual Memori di Intel HAXM.
Tag : Developer
Back To Top