Cara Mengetahui Versi Firmware Android Sebelum Melakukan Upgrade atau flash - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mengetahui Versi Firmware Android Sebelum Melakukan Upgrade atau flash

Advertisement
Cara Mengetahui Versi Firmware Android - Firmware bisa juga disebut Stock ROM merupakan sistem operasi yang ada pada perangkat ponsel atau smartphone, termasuk juga pada perangkat berbasis android. Untuk versi firmware berbeda-beda, tergantung dari pabrik mana ponsel tersebuat dibuat. Versi firmware satu merk smartphone bisa saja beda. Saya pernah menemukan smartphone Advan S3C yang ada lebih dari satu versi Firmware/stock ROM nya. Jadi kamu harus jeli melihat versi firmwarnya sebelum melakukan upgrade/flash firmware. Untuk sederhananya, sebuah sistem operasi Android merupakan jembatan yang menghubungkan antara software dengan firmware. Firmware sendiri mempunyai beberapa elemen, yang semuanya penting untuk perangkat android, elemen penting tersebut adalah:

  • PDA - PDA merupakan sistem operasi android serta kustomisasi yang sudah dilakukan.
  • Phone - yaitu pengidentifikasi aktual di perangkat android.
  • CSC - nerupakan parameter yang menspesifikasi bahasa serta lokasi.
  • Boot loader - merupakan program yang berjalan saat android mulai start up
Untuk cara mengetahui versi firmware android setiap merk smartphone mungkin bisa berbeda. Contohnya saja untuk smartphone Advan S3C bisa mengetahui versi firmware di belakang baterai. Sedangkan untuk Lenovo, Samsung dan Sony melalui pengaturan terus pilih tentang ponsel (lihat gambar di atas). Firmware akan terlihat pada Nomor bentukan.

Artikel Terkait :
Demikian yang dapat saya bagikan pengalaman untuk Cara Mengetahui Versi Firmware Android Sebelum Melakukan Upgrade atau flash. Langkah ini sangat penting, karena jika kamu tidak memperhatikan versi firmware dan langsung upgrade atau flashing android akan terjadi hal yang tidak kamu inginkan. Seperti hp menjadi bootloop bahkan mati total.

Tag : Android
Back To Top