Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka Karena Berhenti - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka Karena Berhenti

Advertisement
Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka - Aplikasi play store tidak bisa dibuka merupakan salah satu masalah yang sering dialami pengguna Android. Masalah lain dari play store yang sering terjadi adalah Play Store tidak bisa download, kalau masalah ini bisa kamu lihat di Cara mengatasi error saat download di play store. Kembali lagi ke pokok masalah play store tidak bisa dibuka. Penyebab aplikasi play store tidak bisa dibuka bermacam-macam. Bisa disebabkan karena update aplikasi play store ke versi terbaru atau bisa juga aplikasi play store sudah kadaluarsa. Masalah seperti ini sering terjadi pada smartphone keluaran lama yang tidak pernah diupdate aplikasinya.

Ketika mengalami masalah ini pengguna smartphone pasti sangat jengkel. Mungkin mengira koneksi internet yang buruk, ada juga yang menduga smartphone rusak. Sebaik jangan dulu di bawa ke servis hp jika tidak mau mengeluarkan biaya banyak. Karena ini hanya masalah yang sepele saja. Di sini saya akan membagikan beberapa Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka.

Berikut ini Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka :


Cara Pertama Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka :


Perlu kamu ketahui jika pengaturan tanggal pada smartphone kamu mempengaruhi kinerja aplikasi play store. Tanggal dan waktu yang salah dapat menyebabkan aplikasi play store tidak bisa dibuka. Jadi cara yang pertama ini silahakan cek pengaturan tanggal dan waktu smartphone kamu dan pastikan sama dengan saat ini.

Cara Kedua Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka :

  1. Masuk menu Settings pada ponsel Android
  2. Selanjutnya buka manager aplikasi
  3. Jika sudah di buka manager aplikasinya, akan terdapat beberapa Tab seperti  didownload, penyimpanan telepon, berjalan dan semua.
  4. Pilih Tab Semua
  5. Pilih Opsi lalu pilih Reset Preferensi Aplikasi
  6. Pilih Reset Aplikasi

Cara Ketiga Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka :

  1. Masuk menu setting /pengaturan android kamu
  2. Selanjutnya pilih aplikasi dan pilih Tab Semua
  3. Sekarang pilih play store
  4. Pilih paksa berhenti, hapus cache dan hapus data
  5. Selanjutnya matikan hp, copot baterai tunggu 30 detik lalu nyalakan hp lagi

Cara Keempat Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka :


Jika ketiga cara di atas belum bisa mengatasi masalah play store tidak bisa dibuka, semoga dengan cara keempat ini bisa.
  1. Silahakan download aplikasi Play store ke versi yang baru
  2. Kamu bisa mencari lewat google atau klik di sini. yang penting versinya lebih tinggi dari aplikasi playstore yang sudah ada.
  3. Sebelum menginstal aplikasi sebaiknya masuk pengaturan keamanan dan centak sumber tidak diketahui.
  4. Selanjutnya install aplikasi play store sampai selesai.

Cara Kelima Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka :


Cara kelima ini merupakan cara terakhir mengatasi playstore tidak bisa dibuka. Cara ini dilakukan jika ke empat cara di atas tidak berhasil. Kalau menurut saya cara ke 1-4 pasti ada yang berhasil. tapi jika tidak berhasil mungkin ada masalah pada sistem operasi. Yang harus kamu lakukan adalah reset ke pengaturan pabrik. Jika masih belum bisa harus melakukan Flash atau pembaruan sistem operasi.

Artikel Terkait :
Demikian Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa dibuka yang biasanya ditandai dengan muncul tulisan "Sayangnya, Google Play Store telah berhenti". Dengan melakukan cara-cara di atas semoga pembaca dapat menyelesaikan masalah ini.

Tag : Android
Back To Top