Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Dengan Mudah - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Dengan Mudah

Advertisement
Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop - Baterai CMOS (Complementary metal–oxide–semiconductor) sering disebut CMOS RAM atau hanya CMOS adalah baterai yang digunakan BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaan Baterai CMOS adalah untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan pengaturan BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai berbentuk bulat yang pipih seperti baterai jam tapi ukuran lebih besar, diameter dan ketebalannya bervariasi).

Cara menandai baterai CMOS yang sudah habis atau tidak berfungsi adalah waktu jam yang berubah setiap dimatikan dan dinyalakan kembali. Bisa juga pengaturan BIOS kembali ke default bawaan nya meski kita sudang merupah pengaturan BIOS nya. Ini sering terjadi untuk laptop 2nd yang umurnya sudah 2 tahun lebih.

Untuk praktek kali ini saya menggunakan Laptop Compaq Presario CQ40. Untuk laptop merek Toshiba, Asus, Lenovo, Samsung dan lainnya silahkan menyesuaikan. Untuk baterai CMOSnya semua sama. Hanya saja letak baterai CMOS yang berbeda setiap merk Laptop.

Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Compaq Presario CQ40 :

  1. Cabut aliran listrik yang tersambung ke laptop, untuk lebih aman lepas baterai laptop.
  2. Buka penutup baterai CMOS, terletak di bagian bawah laptop lebih tepatnya berada di samping tempat baterai. (setiap merk laptop memiliki tempat yang berbeda, ada yang harus bongkar body laptopnya seperti Axioo dan Asus, baru bisa melepas baterainya.)
  3. Jika penutup sudah terbuka, maka akan terlihat baterai CMOS laptop yang terbungkus plastik berwarna hitam dengan kabel merah hitam.
  4. Sekarang cabut kabel baterai dari slotnya sehingga terlepas.
  5. Untuk langkah ini ada 2 pilihan. Pertama beli paketan baterai CMOS yang sudah terbungkus, atau yang kedua membeli isi baterainya dan mengganti sendiri.
  6. Jika kamu memilih pilihan pertama, maka kamu tinggal membeli paket baterainya di HP center dan tutorial berhenti di sini. Perlu diketahui hargan paketan baterai CMOS sekitar Rp 150.000,00. Tinggal tancapkan baterai yang baru tanpa harus susah mengganti isi baterai, akan tetapi dengan harga baterai yang relatif sangat mahal.
  7. Akan tetapi jika kamu memilih pilihan kedua, maka langkah ini akan berlanjut. Dan langkah selanjutnya dengan membuka pembungkus plastik baterai untuk mengambil baterai CMOS. Baterai CMOS di pasaran harganya sekitar Rp 2.000 - Rp 5.000 saja. Ingat, sebaiknya beli baterai baru yang digunakan sama seri dan dayanya dengan baterai yang sebelum diganti, yaitu CR2032.
  8. Cara melepas baterainya dari besi pengait itu dengan cara di blower atau dipanaskan dulu baru bisa lepas.
  9. Setelah baterai terlepas, silahkan pasang baterai yang baru dan Blower lagi untuk menempelkan.
  10. Selanjutnya bungkus baterai yang sudah diganti tadi menggunakan isolasi hitam dan rapikan.
  11. Setelah baterai terbungkus rapi, selanjutnya colokan kembali pada slot baterai CMOS pada laptop. Tutup kembali body laptop kamu, dan nyalakan seperti biasa.
  12. Untuk mengecek baterai berfungsi atau tidak silahkan kamu cek waktu dan  penanggalan yang telah di atur lagi. Apakah kembali ke waktu yang lama atau waktunya berlanjut, setelah laptop kamu dimatikan beberapa saat.
Artikel Terkait :
Demikian ulasan Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Dengan Mudah. Untuk merk laptop Asus, Lenovo, Samsung, Thosiba dan lainnya sama hanya letak baterai CMOS saja yang beda. Jadi kamu tinggal mengotak atik sendiri. Atau silahkan hubungi kami lewat fanpage facebook kami untuk bertanya-tanya.
Tag : Komputer
Back To Top