Cara Instal dan Pengaturan Java Development Kit (JDK) di Windows - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Instal dan Pengaturan Java Development Kit (JDK) di Windows

Advertisement
Cara Instal dan Pengaturan Java Development Kit (JDK) di Windows - Java Software Development Kit (SDK Java atau JDK) adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Sun Microsystems untuk membuat dan memodifikasi program Java. Ini adalah tempat untuk memulai jika Anda ingin memulai mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman Java.

Sebelum kita melakukan instalasi java, Anda perlu untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menginstal java di laptop Anda, yang paling dibutuhkan adalah file installer java yang harus Anda download terlebih dahulu melalui situs resmi oracle.

Berikut Cara Instal dan Pengaturan Java Development Kit (JDK) di Windows :
  1. Pertama silahkan download installer Java di situs resminya. Atau klik di sini
  2. Selanjutnya pilih Java dan pilih OS Windows yang kamu gunakan, sebelum klik download jangan lupa pilih Opsi Accept License Agreement.
  3. Setelah berhasil di download silahkan instal, langkahnya ikuti klik next saja sampai selesai.
Selanjutnya mengatur Path Java supaya berjalan di Windows :
  1. Masuk ke Command Prompt (CMD), Klik start ketik CMD lalu enter atau cari di All program lalu accessories
  2. Ketik Javac, jika muncul "javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file" itu artinya status java pada windows kamu masih belum diketahui, Anda harus mengatur path agar java dapat di identifikasi dengan benar. Lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Untuk mengatur path java JDK, Klik Start > klik kanan My Computer > pilih Properties.
  4. Pilih "Advanced System Settings".
  5. Klik pada "Environment Variables".
  6. Selanjutnya, jendela lain akan terbuka dengan banyak kalimat dan huruf yang membingungkan. Klik dua kali pada variable "Path" pada salah satu kotak pilihan.
  7. Setelah variabel dibuka, kotak teks di jendela lain akan muncul. Hati-hati untuk tidak menghapus apa pun di kotak ini. Pada akhir kotak teks pada Variable value, menambahkan teks berikut : C:\Program Files\Java\jdk1.8.0\bin; (jdk.1.8.0 in tergantung versi yang kamu gunakanNB :Ini adalah asumsi Anda tidak mengubah path file instalasi. Setelah selesai Klik "Apply" dan "OK" untuk semua jendela yang baru saja dibuka. 
  8. Buka command prompt lagi, untuk melihat apakah itu perintah "javac" telah bekerja pada windows kamu. dan jika hasilnya menampilikan rincian dari Aplikasi Java berarti java telah bekerja di laptop kamu
Demikian Cara Instal dan Pengaturan Java Development Kit (JDK) di Windows. Jika ada masalah silahkan hubungi FanPage kami atau hubungi kami lewat kontak. Nanti akan kami bantu untuk menyelesaikan masalahnya.
Back To Top