5 Faktor Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

5 Faktor Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Advertisement
 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya - Buat pengguna laptop baru mungkin masalah laptop lemot atau lambat tidak akan terjadi. Akan tetapi buat pengguna laptop yang umurnya sudah 1-2 tahun bahkan lebih pasti akan merasakan masalah lemot pada laptop ini. Penyebab dari lemotnya kinerja laptop ini ada banyak. Di sini saya hanya akan membahas 5 Faktor penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya. Saya tertarik membahas ini karena kelima ini merupakan faktor yang sering terjadi pada laptop.

Kelima faktor itu adalah kerusakan hardware, Hard Disk penuh, Serangan Virus, Terlalu banyak program terinstall dan Banyaknya File sementara (Temporary file). Untuk lebih jelasnya bagaimana faktor-faktor tersebut bisa terjadi dan bagaimana menanganinya silahkan simak ulasan di bawah ini.

5 Faktor Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya :
  1. Kerusakan pada Hardware - Kerusakan hardware atau perangkat keras yang membuat komputer menjadi lambat, umumnya kerusakan terjadi pada motherboard dan harddisk. Kerusakan pada motherboard dan harddisk disebabkan karena sebagian komponen motherboard atau hard disk tidak berfungsi secara baik untuk melakukan baca-tulis dan kirim data informasi. Pada hard disk, kerusakan ini dinamakan bad sector. Kalau hard disk sudah bad sector, maka bisa dipastikan laptop/komputer akan lemot. Untuk cara mengatasinya -  silahkan dengan mengganti hard disklama dengan hard disk baru. Tetapi apabila kamu masih ingin mempertahankan hard disk lama, silahkan gunakan software yang bisa menutup bad sector supaya laptop kamu tidak lagi lemot. Untuk kasus bad sector yang masih awal biasanya bisa diperbaiki menggunakan cara partisi dan format ulang hard disk.
  2. Hard Disk Penuh (Low Space) - Ruang penyimpanan pada hard disk sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses laptop. Jika ruang hard disk semakin sempit/kecil (low space) maka dapat dipastikan laptop akan lemot. Masalah ini terjadi karena laptop kesulitan menempatkan data dan informasi, karena ruang kosong di hard disk sangat terbatas. Cara mengatasinya -  Silahkan backup data-data bisa berupa gambar, video dan musik di media penyimpanan lainnya seperti, CD, DVD, Flash Disk atau harddisk lainnya.
  3. Terkena Serangan Virus - Virus adalah sebuah program yang bekerja di belakang layar tanpa diketahui oleh pengguna laptop. Virus ini bisa diketahui dengan cara menggunakan anti virus untuk mendeteksi dan membersihkan nya. Virus dikirim untuk mengganggu kerja laptop, mencuri data dan informasi yang ada di laptop target. Untuk cara Mengatasinya -  silahkan kamu gunakan  anti virus yang berbayar, jangan menggunakan anti virus gratis, karena anti virus gratis tidak dapat melindungi komputer secara maksimal, justru sengaja membiarkan beberapa virus (virus pengganggu) masuk supaya mengganggu kinerja laptop, sehingga pengguna laptopr segera membayar anti virusnya. Untuk penggunaan anti virus juga jangan terlalu berlebihan. Penggunaan anti virus yang terlalu berlebihan ini biasanya dilakukan oleh pengguna laptop yang menggunakan anti virus gratis. Jadi satu unit laptop diinstall dengan 2 anti virus, langkah ini merupakan tindakan yang dapat memperlambat kerja laptop. Memasang 2 anti virus sama saja menghadapi 2 orang satpam di satu pintu gerbang.
  4. Terlalu Banyak Program Terinstall di Laptop - Salah satu penyebab laptop lemot adalah terlalu banyak diinstall program. Terlalu banyak program terinstall menyebabkan semakin banyak pula service yang dijalankan pada waktu startup windows. Untuk Cara Mengatasinya -  silahkan uninstall program yang jarang kamu gunakan atau tidak pernah digunakan. Matikan beberapa service yang kamu rasa itu mencurigakan, dengan cara mengetik msconfig pada run kemudian kamu hilangkan tanda centang di service yang kamu curigai.
  5. Banyaknya File Sementara (temporary File) - Buat pengguna internet pasti sering mengalami maslah seperti ini, komputer akan semakin lemot kalau program temporary tidak pernah dibersihkan. Program temporary ini terbentuk ketika kamu membuka sebuah website atau blog melalui browser. File-file yang sifatnya hanya sementara akan disimpan di dalam hard disk untuk mempercepat proses loading tampilan halaman browser. Untuk Cara Membersihkan file temporary seperti berikut : Klik tombol menu Start - Lalu pilih Control Panel - Pilih Network and Internet - Pada Internet Options, kamu klik Delete browsing history and cookies - Pada menu tab General, silahkan Klik Delete di bawah Browsing history - selanjutnya centang pada Preserve Favorites web site data, Temporary Internet Files, Cookies, History, Form Data, Passwords dan InPrivate Filtering Data - Lalu Klik Delete
Artikel Terkait :
Demikain 5 Faktor Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya. Dengan mengatasi masalah yang ada di atas laptop kamu akan terhindar dari masalah lemot. 
Tag : Komputer
Back To Top