Faktor Penyebab Hardisk Cepat Rusak - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Faktor Penyebab Hardisk Cepat Rusak

Advertisement
Faktor Penyebab Hardisk Cepat Rusak - Hard Disk merupakan tempat penyimpanan di komputer atau laptop. Bentuk hard disk seperti balok. ukuranya sekitar 15cmx10cmx3cm untuk hard disk komputer. Untuk hard disk komputer PC lebih besar dari laptop. Semua sistem atau aplikasi disimpan di hard disk ini. Tanpa ada hard disk komputer tidak akan bisa digunakan. Maka dari itu hard disk harus ada dan dirawat supaya tidak cepat rusak.

Penyebab hard disk rusak bermacam-macam. ada yang karena komputer sering mati mendadak, terlalu banyak di instal ulang. hard disk terkena guncangan, suhu terlalu panas dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini faktor penyebab hard disk cepat rusak :


  1. Jatuh atau terbentur - Tentu saja hal ini akan mempengaruhi pada fisik harddisk. Terkadang tiba-tiba saja laptop / hardisk kita jatuh atau hardisk yang kita bawa terbentur benda-benda keras lain saat membawanya. Untuk menhindari hal yang tersebut adalah dengan cara membawa laptop / hardisk menggunakan tas yang aman.
  2. Guncangan Pada Komputer - Saat computer sedang bekerja otomatis hardisk sedang membaca perintah-perintah yang tengah dijalankan. Pada saat itu head harddisk sedang mengambang diatas permukaan piringan (platter). Jadi jika terjasi guncangan, maka head harddisk tersebut akan menyentuh bagian lain dari harddisk, sedangkan disknya sedang berputar dengan sangat cepat. Maka besar kemungkinan kerusakan pada harddisk akan terjadi.
  3. Suhu yang terlalu Panas / Over Heat - Tentu saja hal ini tidak hanya terjadi pada hardisk saja, tetapi juga berlaku pada segala jenis alat elektronik lainnnya. Harddisk yang mengalami panas yang berlebihan akan memicu terjadinya kerusakan pada harddisk. Untuk mencegahnya kita dapat memberikan pendingin tambahan pada harddisk.
  4. Faktor usia hardisk - Usia hardisk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hardisk. Hal ini bisa dimaklumi karena memang usia sudah tua. Namun dengan  perawatan yang tepat, harddisk akan lebih tahan terhadap kesusakan
  5. Aktifitas Hardisk Berlebihan - Semua hal yang berlebihan memang akhirnya tidak baik. Aktifitas hardisk yang terlalu berlebihan juga sama. Jika terlalu sering dalam bermain game, menonton film/video, dan memutar musik berlama-lama dapat memicu kerusakan pada harddisk. Oleh karena itu kita harus dapat mengatur waktu dalam menggunakan komputer kita
  6. Membawa laptop dalam kondisi menyala - Sudah pasti jika dibawa kemana-mana maka hardisk akan terkena guncangan saat masih aktif. Maka diusahakan sebisa mungkin membawanya pada saat sudah benar-benar mati.
  7. Sering listrik padam dan listrik turun naik tidak stabil - Seringnya komputer mati mendadak karena listrik padam dan naik turun juga menyebabkan kerusakan hardisk. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan pengaman tegangan seperti UPS dan stavolt.
  8. Mematikan/Shutdown Tidak Sesuai Prosedur - Cara mematikan paksa seperti langsung mencabut komputer dari steker dan lansung memencet tombol power saat harddisk sedang bekerja dapat berakibat fatal untuk kondisi hardisk.
  9. Terlalu Sering atau Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag - Tujuan dari defrag sendiri adalah untuk melakukan perawatan hardisk, namun jika telalu sering akan menyebabkan bad sector. Di saran kan melakukan minimal 1 bulan sekali.
  10. Hardisk tidak terawat - Hardisk yang tidak terawat seperti tidak rutin melakukan cleaner registry atau semacamnya menyebabkan File-file sampah menumpuk, file yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa. Hal ini dapat menyebabkan bad sector.
  11. Terlalu sering melakukan instal dan uninstal program - Terlalu sering menginstal program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan hardisk mengalamai bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan instal ulang sistem operasi.
Artikel Terkait :
Untuk mencaga supaya hard disk awet, hidari faktor-faktor di atas. Perlu kamu ketahui harga hard disk cukup mahal. Untuk Laptop kapasitas 500 GB sekitar 600 ribuan.
Tag : Komputer
Back To Top