Cara Install Android di PC Menggunakan Virtualbox - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara Install Android di PC Menggunakan Virtualbox

Advertisement
Cara Install Android di PC Menggunakan Virtualbox - Bagi pengembang aplikasi android, pada umumnya menggunakan Android SDK Tools sebagai emulator perangkat Android pada PC. Selain mengguankan Android SDK Tools, Android juga dapat di coba di PC menggunakan VirtualBox. Saat ini telah tersedia porting Android untuk platform x86 sehingga bisa di install pada PC/netbook/laptop Anda dengan bantuan VirtualBox. Android pada VirtualBox sama seperti virtual machine (VM) lain, seperti Windows VM atau Linux VM. Melalui VM ini Anda dapat menikmati Android langsung dari PC atau laptop.

Sebelum mulai ke cara install android di pc menggunakan virtualbox, diperlukan VirtualBox dan file ISO Android-x86. File ISO ini yang nantinya akan diinstal di dalam VM Virtualbox.
Setelah mendownload VirtualBox dan file ISO Android-x86, langkah berikutnya adalah sebagai
berikut:

1. Instal VirtualBox jika belum terinstal, kemudian buka aplikasi VirtualBox dan buat VM baru dengan menekan tombol New. Set VM seperti di bawah ini:
  • Name: AndroidVM
  • Type: Linux
  • Version: Linux 2.6
  • Memory Size: 512 MB
  • Pilih opsi Create virtual hard drive
  • Hard drive file type: VDI
  • Storage on physical: Fixed size
  • Virtual hard drive Size: 3 GB
2. Setelah VM selesai dibuat, set CD/DVD Drive pada VM ke file ISO Android-x86 melalui menu Machine|Settings|Storage|IDE Controller, pilih subtree Empty.

3. Hidupkan (klik Start) AndroidVM. Akan tampil layar boot pada AndroidVM. Pilih opsi Installation kemudian tekan Enter untuk melanjutkan.

4. Pilih opsi Create/Modify partitions kemudian tekan Enter untuk membuat partisi untuk sistem.

5. Pilih opsi New dengan tombol panah dan tekan Enter untuk membuat partisi baru pada area kosong.

6. Pilih opsi Primary kemudian tekan Enter, kemudian Enter lagi agar ukuran partisi full.

7. Tandai opsi Bootable dan tekan Enter untuk membuat partisi bootable, kemudian pilih opsi Write dan tekan Enter. Ketik 'yes' kemudian tekan Enter untuk konfirmasi.

8. Setelah proses partisi selesai, pilih Quit dan tekan Enter untuk kembali ke layar pemilihan partisi. Pilih partisi yang telah dibuat sebelumnya untuk melakukan instalasi Android pada partisi tersebut.

9. Pilih file system ext3, kemudian pilih Yes untuk memformat partisi.

10. Pilih Yes untuk menginstall GRUB, kemudian pilih Yes untuk menginstall system directory
secara read-write.

11. Setelah proses instalasi selesai, pilih Run Android-X86 kemudian tekan Enter.

12. Akan tampil layar Welcome yang artinya Android sudah diinstal pada VM.

Apabila cursor mouse tidak muncul pada layar, masuk ke menu Machine, kemudian pilih Disable Mouse Integration, keluarkan/remove file ISO pada storage VM, kemudian restart VM melalui menu Machine|Reset.

Setelah kembali ke layar Welcome Android, Klik Next untuk melakukan konfigurasi awal seperti waktu, akun gmail, google location, dan personalisasi nama. Setelah konfigurasi selesai, maka akan muncul layar home dan Anda sudah dapat mencoba berbagai aplikasi Android di PC Anda.

Artikel Terkait :
Demikian cara install android di pc menggunakan virtualbox. Dengan menginstall OS Android di laptop/komputer sekarang kamu bisa install aplikasi android seperti di hp Android. Kamu juga bisa bermain game COC.
Back To Top