5 Sistem Operasi Handphone Paling Banyak Digunakan di Indonesia - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

5 Sistem Operasi Handphone Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Advertisement
5 Sistem Operasi Handphone Paling Banyak Digunakan - Sistem Operasi merupakan software utama yang digunakan baik di komputer atau di handphone. Tanpa Sistem Operasi handphone atau komputer tidak bisa berjalan. Karena Fungsing utama dari sistem operasi adalah menghubungkan antara software dan hardware. Dulu sistem operasi yang populer di komputer adalah Windows, tapi saat ini Android menjelma menjadi sistem operasi yang populer di kalangan pengguna handphone. Hampir setiap smartphone saat ini menggunakan sistem operasi Android.


Berikut ini merupakan 5 Sistem Operasi Handphone Paling Banyak Digunakan :

1. Android OS
Sebuah perusahaan bernama Android Inc. pertama kali di dirikan pada sekitaran 2003. Terjadi up and down ditubuh perusahaan juga mempengaruhi kinerjanya. Hingga pada sekitaran 2005 Google mengakuisisi perusahaan ini dan mulai mengembangkannya.

Sedangkan sistem operasi Android sendiri sekarang dikenal sebagai mobile operating system berbasis Linux dan lebih sering dioperasikan pada jenis perangkat ponsel touchscreen. Dimulai pada tahun 2008 saat Google merilis Android OS bernama Astro dan terus di upgrade dengan memunculkan istilah-istilah baru. Mulai dari Donuts, Jelly Bean, sampai Lollipop.

Saat ini sudah tercatatat ada milyaran pengguna seluruh dunia yang aktif di perangkat Android, dalam hal ini di ponsel / smartphone Android. Aplikasi android dapat di install dan lalu di gunakan hanya dengan mencarinya di gudang aplikasi android yaitu Google Play Store.

Menginstall aplikasi dari Store resmi adalah hal yang paling disarankan agar bisa menjaga keamanan perangkat dan akun pribadi pengguna. Jenis dan kategori aplikasi yang paling diminati dan banyak di download oleh pengguna hingga ke 2015 adalah Games dan aplikasi kategori Social.

Kebanyakan aplikasi disini dapat dioperasikan di semua versi Android dan di di hampir semua merek ponsel yang menggunakan OS ini. Sebut saja Samsung, Nexus, Motorola, HTC, dst..

2. iOS
Yang ini merupakan sebuah sistem operasi untuk iPhone (karena itu bernama iOS) dan juga untuk bebagai produk yang di kembangkan oleh Apple Inc. Jenis perangkat yang menggunakan OS ini biasanya disebut iDevice, yang terdiri dari: iPhone, iPad, iPod, Apple TV.

Jadi, iOS pertama kali diperkenalkan seiring dengan dirilisnya ponsel hot bernama iPhone. Yang membuat OS ini selalu di minati adalah iOS lebih mengutamakan kinerja daripada penampilan, sehingga lebih ramah pengguna.

Di tambah lagi, hingga saat ini pihak Apple Inc. juga tidak membiarkan campur tangan pihak ketiga dalam pengembangan os ini. Sebab itulah tampilan utama iOS tidak terlalu banyak berubah sejak 2007 dan masih "user friendly".

Aplikasi yang disediakan untuk memanjakan pengguna juga lumayan banyak. Dapat di download melalui App Store (iOS). Selain itu ada iTunes yang juga dikembangkan oleh Apple Inc. yang dapat memudahkan pengguna memainkan, mengedit maupun mendownload digital audio / video.

3. Windows Phone OS
Windows, adalah sistem operasi paling familiar di dunia teknologi. Mengingat komputer merupakan tech terdahulu dan masih tercanggih sejak awal muncul hingga sekarang. Yup, hampir semua perangkat komputer menggunakan windows yang merupakan OS yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa di dunia technology yaitu Microsoft.

Kini sebuah sistem windows khusus untuk mobile (ponsel) telah dikembangkan. OS ini dikenal sebagai Windows Mobile atau Windows Phone OS. Kabarnya, ini terjadi sejak Microsoft dan Nokia menjalin kerja sama dulu, dan kini? Microsoft gitu lho.

Seperti halnya dua OS di atas, pengguna smartphone dengan Windows OS dapat mencari dan menginstall berbagai aplikasi / software di store resmi dan aman. Windows Phone Store yang juga akan terintegrasi ke Nokia Ovi Store sehingga cakupan dan quantity hasil lebih luas.

Selain itu, pengguna dapat menggunakan fitur map yang merupakan gabungan dari Nokia Maps dengan Bing Maps. Namun hal lain yang paling diminati oleh pengguna OS ini adalah kemudahan penggunaan Microsoft Office di smartphones (Office Hub).

Apalagi Microsoft juga terus memperbaiki performa fitur ini secara berkala. Tak heran saat ini windows phone tercatat sebagai OS terbesar ketiga di dunia.


4. BlackBerry OS
Sistem operasi ponsel ini pertama kali di luncurkan pada sekitaran 1999 oleh perusahaan Research In Motion Limited dan sekarang oleh Blackberry Ltd. Sejak awal muncul, smartphone blackberry sudah mebgundang perhatian pengguna dunia karena sistem dan cara kerjanya yang unik.

Disamping itu BB juga menggabungkan layar sentuh dengan keyboard khas nya. Dan yang lebih unik, BB punya semacam mouse melalui trackwheel, trackball, trackpad dan yang terbaru full touch. Untuk OS nya juga hanya ponsel keluaran Blackberry Ltd lah yang menggunakannya. Namun bukan berarti ponsel ini tidak punya kekurangan.

Dari pengalaman pribadi pengguna, satu hal yang agak minus dari ponsel ini adalah terlalu sensitif sehingga sering hang atau malah rusak dalam jangka waktu singkat. Tapi itu hanya membuat pesona ponsel ini kurang top dibandingkan OS diatas, sedangkan untuk urusan consumer sampai saat ini masih lumayan diperhitungkan.

5. Symbian OS
Masih ingat awal mula smartphone mulai di kenal kan? Saat itu sistem ini adalah salah satu yang tercanggih. Hampir semua merek terkenal seperti nokia, samsung, sony ericsson maupun motorola ikut mengupgrade sistem operasinya ke versi symbian ini.

Format file .jar .jad. sis. dst merupakan sesuatu yang paling banyak dicari pada sekitaran awal rahun 2000 an. Pengguna dapat memperindah tampilan ponsel dengan mengganti tema (theme) sesuai keinginan, download games keren gratis melalui store masing-masing brand atau di website yang khusus menyediakan aplikasinya.

Walaupun kepopuleran symbian sepertinya semakin tergusur, nyaris hilang, tetapi pihak terkait tetap mengekalkan kinerja yang "user-friendly".

Makanya Ponsel nokia symbian versi lama pun masih ada yang gunakan dan tetap suka (termasuk saya ^.^). Ini karena aplikasi dan segala fiturnya dapat berjalan dengan baik walau dalam keadaan offline sekalipun.

Keanekaragaman game serunya pun masih mantabz juga. Never Say Goodbye To Symbian, makin klasik makin mahal lho, pertahankan yang lama a.k.a cinta pertama
Tag : Tip dan Trik
Back To Top