Cara pindah Blogspot ke Wordpress terbaru tanpa kehilangan pengunjung - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara pindah Blogspot ke Wordpress terbaru tanpa kehilangan pengunjung

Advertisement
Cara pindah Blogspot ke Wordpress terbaru - Buat kamu pengguna blogger atau blogspot yang sudah lama dan mempunyai artikel dan trafik banyak pasti merasa takut jika blognya terhapus oleh google. Meski saya sendiri belum mengalaminya sendiri rasa takut itu ada. Karena di forum dan di group facebook saya melihat ada yang mengeluh blog yang pengunjungnya banyak telah dihapus oleh pihak google. Alasannya bervariasi,salah satunya di anggap spam. Saya memutuskan untuk migrasi dari blogspot ke wordpress self host untuk berjaga-jaga. Tapi blog yang saya pindah ke wordpress buka yang ini tapi Via Informasi. Mungkin suatu saat blog ini juga akan saya pindah dengan hosting sendiri wordpress.

Buat kamu yang ingi pindah Blogspot ke Wordpress tanpa kehilangan pengunjung sebaiknya lakukan cara ini dengan baik dan benar. Jika kamu salah akibatnya pengunjung akan menurun.

Langsung saja ikuti langkah ini untuk cara pindah Blogspot ke Wordpress terbaru tanpa kehilangan pengunjung :

Untuk lebih mudah akan saya kasih pertahap:
TAHAP 1 : Persiapan Hosting, Domain dan Install Wordpress
TAHAP 2 : BackUp/Eksport Blogspot
TAHAP 3 : Import Blogspot ke Wordpress
TAHAP 4 : Pengaturan supaya pengunjung tidak hilang

Tahap 1 : Persiapan Hosting, Domain dan Install Wordpress
Pada tahap pertama ini kamu harus menyiapkan hosting dan domain untuk blog baru kamu. Kamu juga harus menginstall wordpress untuk CMS nya. Saya sendiri menggunakan hosting di Hawkhost dan domain di Namecheap.

Tahap 2 : BackUp/Eksport Blogspot
Pada tahap ini yang kamu lakukan adalah membackup blogspot kamu. Caranya : Masuk Dasbord blogspot kamu. Lalu pilih menu Setelan >> lainnya >> pilih eksport. Lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini. Selanjutnya download file yang XML dan simpat di lokasi yang kamu ingat di hardisk.

TAHAP 3 : Import Blogspot ke Wordpress
Saya anggap kamu sudah berhasil masuk ke Wordpress yang kamu instal di hosting. Sekarang masuk ke Wordpress yang sudah kamu siapakan pada tahap pertama tadi.

Atur Permalink : Masuk pengaturan pilih Permalink. Ada beberapa pengaturan. Silahkan pilih sesuka kamu. Jika ingin struktur sama dengan blogspot silahkan masukan  /%year%/%monthnum%/%postname%.html pada struktur tersesuai.

Selanjutnya pilih Perkakas >> pilih Blogger. Sekarang masukan file XML hasil backup dari blogspot tadi dan klik unggah. Untuk Author silahkan pilih sesuka kamu. Tahap Import blogspot ke wordpress selesai semua artikel yang ada di blogspot sudah ada di Wordpress.

TAHAP 4 : Pengaturan supaya pengunjung tidak hilang
Tahap ini sangat penting, karena akan mengalihkan pengunjung Blogspot ke Wordpress. Jika kamu tidak melakukan ini sama saja kamu cuma dianggap copy paste artikel orang lain dan artikel kamu tidak akan terindex ke google.

Untuk melakukan direct silahkan masuk ke Plugin. Cari "Blogger 301 Redirect" lalu pasang. Sekarang atur supaya artikel dari Blogspot mengarah ke Wordpress baru kamu.Masuk Pengaturan lalu Blogger 301 Redirect. Pada menu Options centang yang nomer 1, 2 dan 3 saja. Lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini. Setelah selesai klik simpan.

Masih di pengaturan Blogger 301 Redirect. Silahkan scroll ke bawah, cari Method 2: Using Classic Template. Copy kode HTML tersebut. Lalu masuk ke Dasbord blogspot kamu. Pilih Template, scroll ke bawah pilih Kembali ke template klasik. Pada kolom Edit Template HTML silahkan hapus dan Paste dengan HTML dari Blogger 301 Redirect tadi lalu simpan.
Tahap terakhir masuk ke Dasbord blogspot, masuk Setelan Lainnya.Masukan feed wordpress kamu di kolom Posting URL Pengubahan Arah Feed. Lihat gambar untuk jelasnya.


Sekarang semua artikel dari blogspot sudah mengarah ke Wordpress kamu. Untuk uji coba silahkan masuk ke pos artikel kamu dan lihat pos tersebut. Semoga artikel Cara pindah Blogspot ke Wordpress terbaru tanpa kehilangan pengunjung ini bisa membatu kamu yang takut kalau blogspotnya terhapus oleh pihak google.
Tag : Blogging
Back To Top