Arti kode sertifikasi smartphone anti air dan anti debu yang perlu anda ketahui - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Arti kode sertifikasi smartphone anti air dan anti debu yang perlu anda ketahui

Advertisement
Arti kode sertifikasi smartphone anti air dan anti debu - Dengan berkembangnya teknologi sampai saat ini, pasti kamu pernah mendengar istilah “water resistant” atau “water proof” pada sebuah Smartphone. Ya, selain berfungsi sebagai alat komunikasi, Smartphone juga berkembang menjadi alat kebutuhan lainnya, tidak terlepas dari kegiatan didarat maupun ketika di air.

Terkadang, Smartphone yang memiliki fitur ini terlihat memiliki keunggulan khusus yang tentunya membuat beda dengan yang lainnya, sebut saja Galaxy S5 dan Xperia Z2, kedua Smartphone ini sudah memiliki sertifikat anti-air yang berbeda, IP58 dan IP67.

Water resistant merupakan istilah yang digunakan untuk handphone yang tidak akan rusak ketika terkena percikan air, seperti air hujan, salju, atau semprotan dari selang air. Sedangkan water proof merupakan istilah yang digunakan untuk handphone yang bisa dicelupkan ke dalam air dalam jangka waktu yang cukup lama.Kode Angka Pertama


Kode angka pertama menunjukan tingkat ketahanan perangkat elektronik terhadap berbagai material padat seperti anggota tubuh, benda keras, debu dan lainnya.
  • Angka 0 atau X: tidak memiliki perlindungan sama sekali terhadap material padat.
  • Angka 1: memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 50 mm, seperti bagian belakang telapak tangan.
  • Angka 2: memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 12.5 mm, seperti jari tangan.
  • Angka 3: memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 2.5 mm, seperti kawat yang tebal, peralatan rumah tangga, dan lainnya.
  • Angka 4: memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 1 mm, seperti kawat, obeng, baut, dan lainnya.
  • Angka 5: memiliki perlindungan penuh terhadap material padat dan juga debu. Walaupun masih ada debu yang bisa masuk, namun jumlahnya tidak akan sampai mengganggu kinerja perangkat tersebut.
  • Angka 6: memiliki perlindungan penuh terhadap material padat dan juga mampu menahan debu secara keseluruhan.
Kode Angka Kedua Kode angka kedua menunjukan ketahanan suatu perangkat elektronik terhadap resapan air.
  • Angka 0 atau X: sama sekali tidak memiliki perlindungan terhadap air.
  • Angka 1: memiliki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh secara vertikal selama 10 menit dengan jumlah air yang sama dengan curah hujan sebanyak 1 mm per menit.
  • Angka 2: memiliki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh secara vertikal ketika perangkat ini dimiringkan pada kemiringan 15 derajat selama 10 menit dengan jumlah air yang sama dengan curah hujan sebanyak 3 mm per menit.
  • Angka 3: memiliki perlindungan terhadap percikan air dari berbagai arah selama 5 menit dengan jumlah air 0.7 liter per menit pada tekanan 80–100 kPa.
  • Angka 4: memiliki perlindungan terhadap guyuran air dari berbagai arah selama 5 menit dengan jumlah air 10 liter per menit pada tekanan 80–100 kPa.
  • Angka 5: memiliki perlindungan terhadap semprotan air dari berbagai arah selama 3 menit dengan jumlah air 12.5 liter per menit pada tekanan 30 kPa dari jarak 3 meter.
  • Angka 6: memiliki perlindungan terhadap semprotan air yang kuat dari berbagai arah selama 3 menit dengan jumlah air 100 liter per menit pada tekanan 100 kPa dari jarak 3 meter.
  • Angka 7: mampu bertahan ketika dimasukkan ke dalam air sedalam 1 meter dalam jangka waktu 30 menit.
  • Angka 8: mampu bertahan ketika dimasukkan ke dalam air sedalam lebih dari 1 meter dalam jangka waktu yang ditentukan oleh manufaktur.
Jika melihat data di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ketahanan air Galaxy S5 hanya di kedalaman maksimal 1 meter dan dengan batas waktu maksimal 30 menit. Sedangkan Xperia Z2, memiliki kedalaman yang sama yaitu 1 meter, tapi dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Demikian artikel arti kode sertifikasi smartphone anti air dan anti debu yang perlu anda ketahui.
Tag : Android
Back To Top