Pengertian Modem dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Pengertian Modem dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui

Advertisement
Pengertian modem dan fungsinya - modem adalah kependekan dari modulator demulator. Modem merupakan gabungan dua fungsi pengirim sinyal dan penerima sinyal sehingga menjadikannya alat komunikasi dengan metode dua arah. Pada umumnya setiap perangkat yang menggunakan komunikasi dua arah dengan jarak jauh menggunakan modem sebagai pengantar dan penerima facts serta informasi. Namun istilah modem jadi berkembang sendiri dan lebih spesifik ke alat komunikasi yang dipergunakan komputer.

Untuk memahami modem komputer dan prinsip kerja modem di perangkat komputer cukup sederhana, dimana facts digital yang berasal dari komputer akan di ubah oleh modem menjadi sinyal analog sebelum dikirim, pada saat yang sama modem akan mendapat facts dari luar perangkat komputer yang berbentuk sinyal analog dan kemudian akan dirubah oleh modem menjadi sinyal digital sebelum di proses oleh perangkat keras jaringan komputer.

Modem terbagi dalam beberapa jenis di kelompok berdasarkan metode penerapannya.
  1. Modem GSM -Modem ini berjalan pada frekuensi GSM dan menghasilkan sinyal seperti 3G, 4G, Advantage atau GPRS
  2. Modem CDMA -Modem berjenis CDMA berjalan pada frekuensi CDMA 800 Mhz dan CDMA 1x. Perkembangan teknologi modem CDMA kini telah mencapai penggunaan pada frekuensi EVDO yang memiliki kecepatan setara dengan 3G.
  3. Modem ADSL -Modem berteknologi Asymetric Digital Subscribe outline dipergunakan menggunakan jalur kabel atau yang biasa di kenal dengan sebutan flat exhaust outline. Modem ini memiliki kecepatan yang stabil dibandingkan dengan modem yang berjalan menggunakan metode wireless.
Kecepatan sebuah modem tergantung dari banyak faktor. Modem wireless yang sering digunakan untuk aktifitas berselancar di internet memiliki kecepatan yang tidak stabil. Modem wireless sangat bergantung pada cuaca, dimana ketika cuaca mulai memburuk maka secara otomatis kecepatan internet pada modem wireless akan mengalami penurunan.

Selain itu faktor banyaknya pemakai yang menggunakan jalur dan frequensi wireless menjadi sebab utama dimana kecepatan modem wireless tidak dapat diandalkan. Hal ini tidak lepas dari keterbatasn teknologi wireless yang memang diciptakan untuk penggunaan bertrafik rendah. Berbeda dengan modem ADSL yang menggunakan Flat exhaust outline atau kabel. Dimana modem adsl tidak terpengaruh oleh cuaca, sepanjang kabel optik yang menghubungkan perangkat modem ke jalur utama tidak terganggu, maka kecepatan internet menggunakan metode ADSL tetap stabil.

Demikian artikel Pengertian modem dan fungsinya. Dengan membaca artikel ini semoga anda bisa membedakan antara modem gsm, cdma dan ADSL.
Back To Top