Pengertian dan Fungsi Modem GSM Yang Perlu Kamu Ketahui - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Pengertian dan Fungsi Modem GSM Yang Perlu Kamu Ketahui

Advertisement
Pengertian dan fungsi modem GSM - Semakin berkembangnya teknologi jaringan komputer dan internet dan semakin banya penggunanya memunculkan teknologi alternatif pengganti perangkat keras jaringan komputer konvesional. Kehadiran modem GSM membawa manfaat yang bagus untuk pengguna jaringan internet karena biaya relatif lebih murah dan harga modem lebih terjangkau dibanding harus berlanggana di penyedia layanan internet (ISP) langsung. Selain alasan tersebut kehadiran modem GSM memberikan kemudahan karena sifatnya mobile dan bisa di bawa ke mana saja. Mau ke kantor, sekolahan maupun kerja lapangan.


Pengertian Modem GSM
Arti dari modem GSM ialah modem nan menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya. Modem GSM ini akan bisa digunakan buat seluruh kartu koneksi dari provider apapun asalkan GSM, seperti misalnya kartu telekomunikasi (atau kartu koneksi) dari PT Telkomsel, atau produk-produk XL Axiata, Axis, Indosat dan lain sebagainya.

Modem GSM ini berbentuk seperti USB nan sangat mobile dan bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Tidak harus seperti kebanyakan modem kabel nan hanya dapat digunakan ketika ada kabel jaringan internet nan terhubung antara dan ke komputer dengan ke pusat jaringan internet nan biasanya menggunakan saluran telekomunikasi. Modem GSM ini bahkan tak memerlukan kabel sedikit pun dalam penggunaannya.

Cara Kerja Modem GSM
Modem GSM biasanya dijual paketan dengan SIM Card bawaannya. Misalnya saja ialah model GSM Telkomsel maka nan dijual di gerai-gerai Telkomsel sudah termasuk modem dan SIM Card dari Telkomsel tersebut. Atau misalnya lagi ialah modem GSM nan satu paket dengan kartu XL maka di dalam modem GSM tersebut akan menggunakan kartu XL sebagai SIM Cardnya dan kebanyakan di jual di gerai-gerai XL Axiata.

Biasanya harga nan digunakan oleh modem GSM ini sangat bermacam-macam dan bergantung oleh fasilitas layanan nan diberikan oleh provider telekomunikasi tersebut. Ada provider telekomunikasi nan memberikan layanan internet tanpa batas dengan harga eksklusif dan kecepatan tertentu. Ada pula provider nan memberikan layanan tambahan bagi pengguna internet nan membeli modem GSM langsung di gerai-gerai resmi mereka.

Tetapi ada pula provider atau operator seluler nan tetap menggunakan cara lama, yaitu memberikan harga modem GSM nya berdasaran tarif per kilo byte. Sistem ini akan memberikan harga nan mahal bagi penggunanya namun dengan kecepatan di atas rata-rata modem GSM lainnya.

Modem GSM tak selalu dijual dengan kartu koneksi dari provider tertentu. Ada pula modem GSM nan dapat kita temukan tanpa harus membeli kartu koneksinya sekaligus sehingga kita dapat memanfaatkan kartu koneksi dari provider manapun nan kita miliki. Ada beberapa modem GSM nan dapat kita dapatkan tanpa harus membeli kartu koneksinya. Modem GSM-modem GSM tersebut memiliki laba atau kelebihannya masing-masing.

Demikian Pengertian dan fungsi modem GSM juga cara kerja modem GSM. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang modem GSM dan ketika mau beli modem bisa memilih modem GSM yang paling baik.
Back To Top