Tips membuat password yang kuat dan aman - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Tips membuat password yang kuat dan aman

Advertisement
Tips membuat password yang kuat dan aman - Siapa yang tidak mengenal sebuah "Password" / kata sandi di jaman yang serba modern ini, tentu dan hampir semua orang sudah pernah mendengar serta membuat password, apa itu password? Password atau passphrase (kata sandi) adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Password atau Kata sandi juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal.

Apa fungsi password? Fungsi password adalah menjaga privasi dan data suatu akun yang digunakan oleh pengguna, baik di media sosial atau akun perbankan pribadi, agar aman dari serangan dan pencurian yang tidak diinginkan. Namun, tahukah anda, banyak yang dapat mengambil password dari sebuah akun dengan mudah. Entah untuk percobaan atau eksperimen mereka atau hanya sebuah keisengan semata, saya juga kurang tahu, yang jelas kembali kepada sebuah pepatah yang melegenda "Sedia Payung Sebelum Hujan" itu lebih baik, untuk itu marilah kita mencoba memayungi sebuah akun yang kita miliki sebelum terjadi yang tidak kita inginkan.

Berikut Tips membuat password yang kuat dan aman :

1. Gunakan campuran huruf kapital dan kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang kuat. Misal "indonesia" menjadi "Ind0nesi4" dengan angka nol (0) menggantikan huruf o dan angka empat (4) menggantikan huruf A.

2. Buatlah password yang panjang, biasanya situs menetapkan jumlah minimum karakter dalam membuat password, berkisar antara 6 dan 8 karakter. Untuk membuat password yang kuat sebaiknya anda membuat password yang panjangnya antara 10 sampai 15 karakter. Tujuannya agar orang lain sulit untuk menebaknya.

3. Buatlah password dari frase bukan kata, Kata sandi tidak melulu hanya satu kata, Anda dapat membuat password berdasarkan frase dan memberikan kata acak dari aturan no.1. Misalnya kata “Tahu Tempe” tapi disambung semua.

4. Gunakan lebih dari satu password, Gunakan password yang berbeda untuk situs yang berbeda, jangan gunakan password yang sama untuk berbagai situs. Memang mudah untuk mengingatnya tetapi sangat beresiko. Memang memiliki banyak password membingungkan. tapi cara ini akan lebih aman.

5. Jangan menulis password anda di dalam file, cara yang kelima ini mungkin tidak banyak yang menggunakan, tapi pengalaman pribadi pernah saya menemukan sekumpulan password beserta alamat email didalam file teks milik teman yang disimpan dalam folder di sebuah situs xtgem, entah disengaja atau tidak didalam folder tersebuat tidak di selipkan file index, sehingga mudah saja saya membongkarnya. biggrin

Jika Anda telah menggunakan salah satu password ini, atau password lain yang terlalu mudah ditebak, sebaiknya Anda memperbarui keamanan online Anda. Itulah Tips membuat password yang kuat dan aman, Semoga tips ini bermanfaat.
Tag : Tip dan Trik
Back To Top