Cara mengisi daya baterai hp baru - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara mengisi daya baterai hp baru

Advertisement
Cara mengisi daya baterai hp baru - Mungkin masih banyak yang bingung mengapa ketika baru beli hp atau batre hp baru di suruh charger dulu selama 8 jam. Kata penjualnya itu supaya batre tahan lama nantinya. Apakah semua itu benar? atau malah merusak batre hp kita?. Di sini akan saya bahas kebenaran dibalik mitos tersebut.

Jaman dulu kebanyakan hp menggunakan jenis batre NiCad. NiCD (nickle-cadmium battery/NiCAD) adalah jenis batre generasi pertama. Berkapasitas besar. Batre ini cocok untuk ponsel lama yang menggunakan tenaga besaDibutuhkan waktu lama untuk proses charger batre ini. Untuk melakukan charge diharuskan menunggu sampai isi batre kosong karena NiCAD memiliki memory effect.
Untuk jaman sekarang berdasarkan data yang diambil dari Asianfanaties, batre yang banyak digunakan jaman sekarang ini adalah batre jenis Li-ION  (Lithium ION). Li-ION merupakan  jenis batre yang tidak memiliki memory effect seperti NiCAD. Jadi jenis batre ini  bisa langsung di isi ulang tanpa menunggu kosong batrenya. Jika di charge terlalu lama jenis batre Li-ION malah tidak baik karena akan mengurangi kinerja batre tersebut. 

Artikel Terkait :
Dari kesimpulan di atas bisa kita ambil intinya. Charger atau pengisian batre selama 8 jam itu baik atau tidak. Jadi kita harus melihat dulu jenis batre yang digunakan di ponsel kita untuk menentukan baik dan buruknya. Jika ponsel kita jadul dan menggunakan jenis batre NiCAD makan benar harus di charger atau isi ulang selama 8 jam dan di charger waktu batre kosong untuk mendapatkan batre yang awet. Tetapi jika hp kita model terbaru dan menggunakan batre jenis Li-ION mengisi ulang atau charger batre selama 8 jam itu salah dan hanya akan merusak batre jenis Li-ION. Batre jenis Li-ION cukup di isi ulang sampe penuh dan segera dilepas chargernya untuk membuat awet batre tersebut.
Tag : Tip dan Trik
Back To Top