Tips mengamankan akun facebook dari hacker - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Tips mengamankan akun facebook dari hacker

Advertisement
Tips mengamankan akun facebook dari hacker - Seperti yang sudah kita ketahui facebook adalah situs jejaring sosial yang banyak digunakan orang Indonesia. Dengan mengggunakan facebook kita bisa berkomunikasi dengan teman melalui chat atau pesan dinding. Dengan facebook kita juga bisa menemukan teman lama. Akan tetapi banyak juga orang menggunakan facebook untuk keperluan kejahatan. Maka dari itu jaga akun facebook kamu supaya tidak diambil orang untuk tindak kejahatan.

Baca juga Cara download video facebook tanpa aplikasi tambahan 

Keamanan facebook memang sudah canggih. Tapi secanggih-canggihnya teknologi pasti punya kelemahan. Dari kelemahan itu kebanyakan orang (hacker) merentas akun facebook milik orang lain.Maka dari itu selain mengandalkan keamanan facebook anda sebagai pemilik akun juga harus membuat keamanan akun facebook. 

Berikut akan kami sampaikan beberapa tips mengamankan akun facebook dari hacker:

1. Membuat akun Email dan Facebook dengan pertanyaan keamanan yang sulit.
Inilah langkah awal yang perlu kita perhatikan. Karena dengan begitu tentunya akan mempersulit siPeretas untuk membobol akun kita. Pertanyaan keamanan saat kita pertama membuat akun sangatlah penting. Fungsinya tidak hanya sebagai untuk pemulihan akun saja. Tetapi juga untuk menjaga keamanannya. Hendaknya jangan sesakali menjawab pertanyaan keamanan dengan jujur. Dari banyak kasus sipengguna akun sering menjawab pertanyaan keamanan dengan jujur. Seperti contoh berikut.
Dimana kota mana ibu anda lahir...??
Dan dijawab dengan kota asal dia sendiri. Yah kalau begitu sama saja dengan bunuh diri. Karena siHacker sebelum beraksi tentunya mencari dan mengumpulkan info targetnya terlebih dahulu.

Bagi yang merasa belum pernah membuat pertanyaan keamanan pada akun facebooknya. Silahkan Log In ke facebook dan buka Pengaturan => Keamanan. Centang salah satu pertanyaan kamanannya dan buat jawaban yang kira-kira susah ditebak namun mudah diingat.
Tapi apabila Anda merasa tidak yakin aman dengan jawaban pertanyaan keamanan yang pernah Anda buat silahkan diubah. Lihat saja tutorialnya DISNI.

2. Masuk akun facebook dengan hati-hati ke akun email dan facebook.
Teliti terlebih dahulu URL pada halaman login yang ditampilkan. Siapa tahu anda berada pada page login palsu. Pastikan URL memang berasal dari situs asli email atau facebook.

3. Buat password untuk akun email dan facebook dengan sulit.
Misalnya dengan memasukan dan menggabungkan karakter tanda baca, huruf kapital dan angka. Contoh : *Tr4ctoR-4x-rusak*

4. Buat password yang berbeda untuk tipa-tiap akun yang anda punya.

Jangan pakai istilah 1 untuk semua dengan alasan agar mudah menginggatnya. Andai saja ada orang lain yang tahu apa password anda, bisa di bayangkan sendiri semua akun anda pasti akan dikuasinya.
Dan jangan lupa juga untuk merubah password secara berkala dalam jangka waktu tertentu.

5. Jangan sesekali penyimpan password pada perangkat saat kita login. Apalagi kalau pada PC yang digunakan bersama atau pada Warnet. Karena kalau kita menyimpan password tersebut bisa dengan mudah dilihat pada perangkat PC. Tapi apabila sudah terlanjur tersimpan, silahkan ubah password secepatnya.

6. Jangan sembarang mengklik URL tautan yang dikirim ke pesan atau dinding facebook anda. Siapa tahu tautan tersebut berisi link fishing.

7. Pastikan anda harus ada login ke facebook minimal 1 kali dalam 24 jam. Karena hacker baru bisa menguasai akun anda secara penuh setelah 24 jam dengan modus pemulihan akun.

8. Sembunyikan informasi penting tentang profil anda di facebook, cukup anda saja yang bisa melihatnya. Tambahkan juga kontak atau no ponsel pada facebook biar proteksi lebih kuat dan untuk mempermudah pemulihan akun kalau kena hack.

9. Hati-hati untuk membuat kota asal anda di facebook kalau anda tidak pernah merasa membuat pertanyaan ke'amanan untuk akun facebook anda. Kota asal tersebutlah sebagai jawaban pertanyaan keamnannya.
Sebagai bocoran:
Apabila anda tidak pernah membuat pertanyaan keamanan akun facebook anda. Dan tidak juga membuat kota asal anda. Apabila akun anda dikunci pihak facebook karena anda login menggunakan proxy nonlokal atau dengan aplikasi browser berbeda. Pertanyaan keamanan umum biasanya:
Dikota mana ibu anda lahir...?
Jawabannya umumnya adalah bandung.

10. Pastikan juga akun facebook anda tertaut dengan email. Karena kalau tidak, apabila akun facebook kita kena hack proses pemulihannya akan sulit.

11. Waspadalah dengan pengguna akun facebook cowo atau cewe cakep yang berusaha mendekati anda di facebook. Kalau anda tidak mengenalnya secara jelas. Dengan modus seperti ini, bisa saja siPeretas memakai akun lain untuk memikat anda dan berusaha untuk meminta password akun anda. Heee... Hee...

12. Nonaktifkan saja akun facebook anda untuk sementara apabila anda memang tidak bisa mengaksesnya untuk beberapa hari atau jangka waktu yang cukup lama. Ceklis saja untuk tidak menerima email agar teman-teman anda di facebook tidak bisa sama sekali berinteraksi dengan anda. Ini akan lebih aman dari pada harus membiarkan orang lain bisa berinteraksi dengan anda di facebook sementara anda tidak ada waktu untuk mengaksesnya.

13. Menjaga sikap...
Inilah point penting yang perlu kita jaga. Hendaklah selalu bersikap baik, menjaga hubungan yang harmonis antar sesama. Jangan suka mencari masalah. Karena sesungguhnya tak ada yang mustahil di dunia yang sudah serba canggih ini. Dalam artian, apa pun yang di buat manusia pasti bisa di rusak oleh manusia lainnya(pikir...!!). Jadi penting untung menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitar kita.

Mungkin tips mengamankan akun facebook dari hacker di atas hanya sebagan kecil. Karena kecanggihan teknologi sangat sulit menutupi celahnya. Setidaknya dengan melakukan Tips mengamankan akun facebook dari hacker akun facebook tidak akan direntas oleh hacker pemula. Selamat mencoba.
Back To Top