Tips membeli laptop bekas berkualitas dan tahan lama - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Tips membeli laptop bekas berkualitas dan tahan lama

Advertisement
Tips membeli laptop bekas berkualitas - Sebelum membeli laptop atau note book bekas sebaiknya anda harus melakukan beberapa tips supaya tidak tertipu saat membeli laptop atau notebook bekas. Hal ini dilakukan supaya tidak menyesal setelah membelinya. 

Namun tetap rekomendasi kami, membeli laptop dalam kondisi baru adalah yang terbaik. Karena disamping kualitas yang terjamin, juga ada garansi dari pihak toko maupun pabrikannya.

Bagi kita yang memiliki dana terbatas, tidak perlu memaksakan diri untuk sebuah laptop baru, membeli laptop bekas bisa menjadi sebuah pilihan bijak.

Tapi sebaiknya kita harus berhati-hati dan harus bisa meneliti mengenai kondisi laptop yang akan kita beli. Ini untuk meminimalisir masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Berikut tips sebelum membeli laptop bekas berkualitas :

1. Tetapkan dana sesuai kemampuan kita
Jangan paksakan membeli laptop yang harganya di atas dana yang sudah kita tetapkan atau miliki. Lakukan penawaran jika itu memungkinkan, atau cari laptop lain yang lebih murah.

2. Beli laptop bekas di toko
Membeli laptop di sebuah toko, jika suatu hari laptop tersebut rusak atau bermasalah, kita dapat dengan mudah kembali ke toko yang bersangkutan untuk minta perbaikan.
Namun jika terpaksa membeli laptop bekas dari seseorang, sebaiknya kita mengenal orang tersebut, ataupun tahu tempat tinggalnya, atau paling tidak ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Ini untuk berjaga-jaga bila ada masalah dengan laptop di kemudian hari, pemiliknya bisa segera kita minta konfirmasi.

3. Periksa kelengkapan laptop
Charger, CD driver, buku manual dan tas laptop usahakan lengkap semua sebelum membeli sebuah laptop bekas. Utamanya charger dan CD driver, jangan membeli laptop jika tidak memiliki dua kelengkapan ini.
Jika tidak memiliki charger, kita harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli charger orisinil laptop. Dan jika tidak memiliki CD driver, akan menyulitkan kita jika nanti laptop di instal ulang. Kita tidak bisa menginstal komponen-komponen pendukung seperti kamera, sound, dan sebagainya.

4. Periksa kondisi baterai
Ini yng paling krusial dari sebuah laptop bekas. Sediakan waktu sedikit untuk memeriksa kondisi batere laptop yang ingin kita beli. Jika betere bisa bertahan paling sedikit satu jam, kemungkinan besar batere laptop masih dalam keadaan baik. Namun jika daya tahannya kurang dari satu jam, kondisi batere kurang baik, dan sebaiknya laptop jangan di beli.

5. Periksa spesifikasi Laptop
Spesifikasi laptop bisa kita lihat pada buku manual, pada stiker di samping touchpad, ataupun melihat langsung pada sistem bawaan laptop. Periksa, apakah semuanya sesuai atau apakah ada yang sudah berubah. Lihat perbandingan harga yang ditawarkan dengan spek yang ada, apakah sudah sesuai atau tidak.

6. Periksa sistem operasi
Operasikan laptop yang ingin di beli. Jalankan beberapa aplikasi bawaan sistem, apakah berjalan dengan baik atau tidak! Bila kita merasa sistem operasi berjalan kurang baik, jangan sungkan untuk meminta pihak penjual atau toko untuk menginstal ulang sistem operasi laptop.

7. Tanyakan ketersediaan garansi
Jika membeli laptop bekas di toko komputer, biasanya ada garansi sekitar satu bulan dari pihak toko. sebaiknya kita berfikir ulang untuk membeli laptop jika sampai pihak toko tidak mau memberikan garansi terhadap laptop yang akan di jual.

Melepas baterai laptop saat digunakan itu baik atau buruk? Akibat baterai laptop sering dilepas

Demikian sedikit Tips membeli laptop bekas berkualitas. Semoga anda bisa puas dengan laptop bekas yang anda beli.
Tag : Komputer
Back To Top