Cara menghemat baterai iPhone supaya awet - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Cara menghemat baterai iPhone supaya awet

Advertisement
Cara menghemat baterai iphone - Ketika smartphone masa kini semakin memperbesar kapasitas baterainya, bahkan sampai di atas 3000 mAh, iPhone versi 5S baterainya masih saja berukuran 1560 mAh. 

Walau sebenarnya ukuran kapasitas baterai bukan satu-satunya tolak ukur kemampuan daya tahan smartphone, banyak yang berharap baterai iPhone kapasitasnya lebih besar, supaya bisa tahan dipakai lebih lama.

Rata-rata orang sekarang dalam sehari melihat smartphonenya 150 kali. Ini berarti penggunaan smartphone sekarang ini akan semakin intens, dan kemampuan baterai semakin penting.

Karena baterai iPhone merupakan baterai internal, dimana orang tidak bisa membawa baterai cadangan kecuali power bank, ada beberapa tips supaya dengan kapasitas baterai bawaannya, iPhone bisa dipakai lebih lama.
1. Gunakan kartu SIM dari operator yang paling baik sinyalnya sesuai tempat Anda biasa berada. Sepertinya hal sepele, tetapi SIM card dan layanan koneksi yang berbeda, akan memiliki hasil yang signifikan terhadap daya tahan baterai. Pada sebuah iPhone yang sama, dengan kartu dari operator yang berbeda, bisa didapat daya tahan baterai yang berbeda.

2. Jangan set kecerahan layar secara otomatis. Perubahan ambiens cahaya dalam ruangan yang berbeda, akan membuat kecerahan layar naik turun secara otomatis. Memang sedikit merepotkan, untuk mengatur kecerahan layar secara manual, tetapi ini berdampak kepada konsumsi baterai. Aturlah kecerahan layar dengan intensitas cukup nyaman di mata, jangan terlalu terang tetapi jangan pula terlalu gelap sehingga tidak nyaman digunakan. Juga atur lebih singkat, setting waktu otomatis untuk mematikan layar ketika beberapa saat device tidak disentuh.

3. Matikan koneksi yang tidak perlu dan tidak sedang dipakai. Misalnya WiFi dan Bluetooth. Jika di rumah dan di kantor atau tempat kerja terdapat WiFI, pindah ke jaringan WiFi akan lebih menghemat baterai dibanding memakai selularBaterai iPhone Boros, Bagaimana Mengakalinya?

4. Matikan notifikasi baik bunyi dan getar. Sosial Media yang selalu kita pakai dan selalu terhubung, sebentar-bentar akan memberikan notifikasi baik suara atau getar. Setting untuk menampilan hanya notifikasi yang benar-benar diperlukan. Toh beberapa saat biasanya kita akan membuka ponsel kita. Matikan juga layanan push email dan gunakan saja pull email, dimana email baru masuk ketika Anda membuka aplikasi email dan me-retrieve data.

5. Matikan location services. Untuk keperluan find my iPhone, map, sosial media, biasanya dilengkapi data lokasi, dimana posisi kita sekarang. Penggunaan layanan ini mengaktifkan GPS satelit dan A-GPS, yang cukup membutuhkan banyak daya. Menu ini ada di Setting, Privacy, Location Services.

6. Matikan layanan Siri raise to speak. Juga walaupun terlihat keren, pada OS 7 efek parallax yang otomatis memberikan efek background tiga dimensi bergerak, ternyata mengkonsumsi lebih banyak daya. Untuk lebih menghemat daya, matikan efek ini.

7. Matikan juga layanan air drop dan app refresh. Beberapa setting seperti di atas memungkinkan baterai iPhone yang cukup terbatas bisa dipakai lebih lama. Kalau Anda merasa setting tersebut membuat banyak fitur iPhone menjadi tidak lengkap, ada baiknya membeli casing iPhone yang sekaligus berfungsi sebagai baterai tambahan. Dengan ini kapasitas baterai iPhone menjadi berlipat. Hanya saja device akan menjadi lebih tebal.

Pake Android pengen telepon gratis tanpa pulsa? silahkan baca Aplikasi android untuk telpon gratis tanpa pulsa

Pernah mengalami saat membuka aplikasi di Android tiba-tiba muncul tulisan Force Close ? Ini cara menanganinya Penyebab aplikasi Android keluar sendiri saat dipakai dan cara menanganinya

Demikian cara menghemat baterai iPhone supaya awet. Semoga dapat membantu menangani masalah batre iphone anda yang boros.
Tag : Android
Back To Top