Perbedaan protokol TCP dengan UDP di jaringan - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Perbedaan protokol TCP dengan UDP di jaringan

Advertisement
Transmission Control Program (TCP) - TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini, karena protokol ini mampu bekerja dan diimplementasikan pada lintas perangkat lunak (software) di berbagai sistem operasi Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.

Protocol ini memiliki 3 karakterisitk, yaitu :
  • Connection Oriented => sebelum terjadi pertukaran informasi, 2 aplikasi TCP harus melakukan proses pertukaran kontrol informasi (handshaking).
  • Reliable => karena menerapkan fitur Flow Control dan Error Detection.
  • Byte Stream Service => paket dikirimkan secara berurutan (sequencing).
Protocol ini sangat cocok digunakan untuk koneksi yang membutuhkan kehandalan tinggi seperti telnet,FTP,HTTP, dsb

User Datagram Protocol (UDP) - UDP adalah kependekan dari User Datagram Protocol metupakan bagian dari internet protocol. Dengan UDP, aplikasi komputer dapat mengirimkan pesan kepada komputer lain dalam jaringan lain tanpa melakukan komunikasi awal.

Protocol ini memiliki karakteristik yang berlawan dengan TCP, yaitu :
  • Connectionless Oriented => tidak melakukan proses handshaking.
  • Unreliable => Tidak ada fitur Flow Control dan Error Detection.
  • Paket dikirmkan secara Unsequencing dan berdasarkan best effort basis
Artikel Terkait :
Deteksi kesalahan pada UDP hanya bersifat opsional. Untuk menghasilkan transmisi data yang reliabel, harus dibantu dan dilakukan di tingkat aplikasi. UDP sangat cocok digunakan pada aplikasi yang membutuhkan query dan responce cepat, seperti tranmisi Audio/Video.
Tag : Jaringan
Back To Top