Penyebab aplikasi android force close dan cara menanganinya - Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi

Penyebab aplikasi android force close dan cara menanganinya

Advertisement
Penyebab aplikasi android force close dan cara menanganinya - Ketika kamu membuka aplikasi android tiba-tiba keluar dan muncul tulisan "force close", penyebab pertama adalah masalah sisa memori RAM yang sudah terlalu kecil. Kalau dilihat dari spesifikasi Lenovo S880 Anda, yang memiliki RAM 512, kemungkinan hal ini yang menjadi penyebab utamanya. 

RAM anggap saja sebagai mudahnya, adalah 'jalanan' untuk membuka dan menjalankan aplikasi. Jika RAM terlalu penuh, karena banyak aplikasi jalan di sana, maka aplikasi yang tidak kebagian cukup tempat akan force close. Misalnya untuk menjalankan aplikasi A dibutuhkan RAM 80 MB, sedang sisa available RAM kita hanya 60MB, maka aplikasi akan force close.

Siapa yang memenuhi RAM? Pertama pasti sistem Androidnya sendiri, kemudian aplikasi-aplikasi utama seperti Gmail, UI smartphonenya, service pack, google search, keyboard input, sudah pasti ada di sana. 

Kemudian kalau kita banyak aplikasi chatting dan sosial media, sejak pertama smartphone dinyalakan, aplikasi-aplikasi tersebut sudah jalan di RAM, misal Facebook, whatsapp, BBM, WeChat, dll.

Semakin banyak aplikasi yang jalan, maka sisa RAM akan semakin sedikit, dan tidak mencukupi untuk aplikasi lain dibuka. Jadi kalau kita memiliki smartphone dengan RAM terbatas, ada baiknya jumlah aplikasi juga dibatasi


Beberapa aplikasi seperti chatting, biasanya akan otomatis jalan sendiri walaupun kita sudah menutupnya, bahkan walau menutupnya sudah dibantu dengan aplikasi memory cleaner.

Kemungkinan yang lain penyebab force close adalah ketidakcocokkan kompatibilitas versi aplikasi. Aplikasi A mungkin cocok untuk versi Android Jelly Bean misalnya, tapi akan bermasalah jika dijalankan di ICS atau kebalikannya. 

Menginstal langsung dari Google PlayStore, sedikit banyak membantu menghindari masalah ini, tetapi seringkali kita menggunakan sideloading dengan menginstall APK langsung, sehingga masalah kompatibilitas tidak di filter.

Bisa juga force close disebabkan karena kekurangan fasilitas hardware, misalnya ada aplikasi yang membutuhkan kamera depan, tetapi smartphone kita tidak memilikinya, maka ketika dijalankan akan tidak sesuai dengan parameter kebutuhan hardwarenya dan force close.

Seringkali juga, karena kita melihat memori internal kita penuh, kita memindahkan sebagian folder ke memory card, tanpa tahu folder tersebut dibutuhkan oleh aplikasi tertentu untuk berjalan. Maka ketika aplikasi dijalankan, yang harusnya membaca file-file yang ada di folder di internal memory, folder tersebut sudah tidak ada karena dipindahkan dari tempat seharusnya, aplikasi akan force close juga.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Untuk mana penyebab Force Close dari Androidmu, silahkan di analisa sendiri.

Baca Juga :
Demikian artikel Penyebab aplikasi android force close dan cara menanganinya. Semoga membantu anda dalam menangani masalah hp Android. Jika masih bingun dan punya pertanyaan silahkan hubungi Halaman Facebook kami Pengetahuan Dunia Teknologi Informasi.
Tag : Android
Back To Top